Berita Jepang | Japanesestation.com

Rumah produksi film animasi Jepang populer, Studio Ghibli, dikenal di seluruh dunia karena fitur filmnya. Bermain dengan unsur sihir dan fantasi, Studio Ghibli selalu menciptakan film yang pada akhirnya membawa penontonnya pada sebuah perjalanan ke dunia lain. Studio Ghibli memiliki berbagai macam film di bawah naungannya, dan kebanyakan dari mereka termasuk di antara film animasi dengan pendapatan tertinggi. Jumlah filmnya mungkin terlihat sangat banyak dan sebagian besar layak untuk ditonton, tetapi 10 film ini adalah yang harus kamu tonton terlebih dahulu!

10. The Tale of Princess Kaguya

The Tale of Princess Kaguya
The Tale of Princess Kaguya (cbr.com)

Ditulis dan disutradarai oleh Isao Takahata, The Tale of Princess Kaguya adalah film drama fantasi berdasarkan cerita rakyat Jepang The Tale of the Bamboo Cutter. Ceritanya mengikuti kehidupan Putri Kaguya, yang secara misterius ditemukan di dalam batang pohon bambu oleh seorang pemotong bambu. Putri Kaguya tumbuh dengan kecepatan supernatural, dan ayah angkatnya segera menyadari bahwa dia spesial. Gaya animasi film ini sangat berbeda dari produksi Studio Ghibli biasa, namun, seperti film lainnya, ia memiliki pesan untuk pemirsanya.

9. The Secret World of Arrietty

The Secret World Of Arrietty
The Secret World Of Arrietty (cbr.com)

The Secret World of Arrietty bercerita tentang sebuah keluarga orang-orang berukuran kecil, yang juga dikenal sebagai The Borrowers atau peminjam, yang diam-diam tinggal di lantai dan dinding rumah manusia. Karena mereka perlu meminjam berbagai hal untuk bertahan hidup, Peminjam bergantung pada manusia, tetapi juga tidak dapat menunjukkan diri kepada mereka. Protagonis utama, Arrietty, berteman dengan seorang bocah manusia, Sho, yang membantu keluarganya melarikan diri setelah mereka ditemukan.

Huawei MatePad Pro

8. Ponyo

Ponyo
Ponyo (cbr.com)

Ponyo adalah salah satu film yang ditulis dan disutradarai oleh master-mind Studio Ghibli, Hayao Miyazaki. Film ini menceritakan perjalanan ikan mas ajaib, Ponyo, yang ingin menjadi manusia setelah bertemu dengan seorang anak manusia, Sosuke. Namun, keinginan Ponyo membawa konsekuensi berat karena ia menggunakan sihir untuk mengubah dirinya menjadi seorang gadis manusia. Baik Sosuke dan Ponyo berusaha menyelamatkan orang yang mereka cintai dan tetap bersama menghadapi masalah.

7. Whisper of The Heart

Whisper Of The Heart
Whisper Of The Heart (cbr.com)

Dirilis pada tahun 1995, Whisper of the Heart adalah film romantis yang dianimasikan oleh Studio Ghibli. Menceritakan perjalanan Shizuku Tsukishima, saat dia berjuang mewujudkan mimpinya dan upaya yang harus dia lakukan untuk mencapainya. Di awal film, Shizuku adalah gadis periang yang suka membaca buku dan menulis. Namun, setelah dia bertemu Seiji, seseorang yang bercita-cita menjadi pembuat biola, Shizuku juga memutuskan untuk mengejar mimpinya dengan serius.

6. Kiki's Delivery Service

Kiki's Delivery Service
Kiki's Delivery Service (cbr.com)

Kiki's Delivery Service sering dianggap sebagai salah satu film slice-of-life terbaik yang pernah ada. Film ini menceritakan tentang seorang penyihir muda, Kiki, yang harus tinggal di kota baru sendirian dan mengikuti adat istiadat di tempat tersebut. Kiki, ditemani oleh kucingnya yang bisa berbicara, Jiji, mulai bekerja di toko roti setempat dan membuka layanan pengirimannya sendiri.

5. My Neighbor Totoro

Totoro
My Neighbor Totoro (screenrant.com)

My Neighbor Totoro adalah salah satu film paling ikonik dari Studio Ghibli. Mahakarya lain dari Hayao Miyazaki, film ini memperkenalkan dunia pada maskot paling terkenal dari Studio Ghibli, Totoro. Ceritanya berlatarkan di pedesaan Jepang pasca-perang, di mana seorang profesor dan dua putrinya pindah ke sebuah rumah tua. Dengan ibu mereka di rumah sakit terdekat, kedua saudara perempuan itu akhirnya mengetahui tentang roh-roh yang tinggal di hutan dan berteman dengan mereka.

4. Grave of The Fireflies

Grave Of The Fireflies
Grave Of The Fireflies (cbr.com)

Salah satu film Studio Ghibli yang paling menyayat hati, Grave of the Fireflies adalah kisah tragis dari kedua saudara kandung yang berjuang untuk bertahan hidup di bawah kondisi yang keras, dengan latar bulan-bulan terakhir Perang Dunia Kedua. Setelah kehilangan ibu dan rumah mereka, baik Seita dan Setsuko pindah ke tempat penampungan bom yang ditinggalkan, di mana mereka mencoba menemukan kebahagiaan di tengah kelaparan dan kesakitan.

3. Howl's Moving Castle

Howl's Moving Castle
Howl's Moving Castle (cbr.com)

Didasarkan pada novel Inggris dengan judul yang sama, Howl's Moving Castle adalah film fantasi oleh Studio Ghibli. Di kerajaan fiksi, di mana sihir dan teknologi hidup berdampingan, Sophie dikutuk oleh seorang penyihir, dan dia berubah menjadi seorang wanita tua. Untuk mematahkan kutukan, Sophie melakukan perjalanan dan memasuki kastil yang bergerak, di mana dia bertemu dengan penyihir yang kuat, Howl. Terjebak di antara perang, Sophie dan Howl bekerja sama untuk bertahan hidup dan menyelamatkan orang yang mereka cintai.

2. Princess Mononoke

Princess Mononoke adalah salah satu film Studio Ghibli paling populer, dan salah satu film klasik karya Hayao Miyazaki. Princess Mononoke bercerita tentang seorang pangeran Emishi, Ashitaka, yang melakukan perjalanan ke negeri barat untuk menemukan obat dari kutukannya. Namun, di sepanjang jalan, ia bertemu dengan San, seorang manusia yang dibesarkan oleh serigala. Tanpa disadari, Ashitaka terlibat dalam perang antara roh hutan dan manusia.

1. Spirited Away

spirited away
Spirited Away (culturedvultures.com)

Spirited Away adalah film yang wajib ditonton. Dianggap sebagai salah satu film terbaik oleh Studio Ghibli, film ini menceritakan kisah magis perjalanan seorang gadis muda di alam roh. Chihiro menemukan dirinya berada di alam roh setelah orang tuanya diubah menjadi babi oleh Yubaba, seorang penyihir yang kuat. Bertekad untuk meninggalkan alam roh, dan menyelamatkan orang tuanya, Chihiro menghadapi jalan yang sulit, tetapi akhirnya berhasil dengan bantuan teman-temannya.