Enam Tradisi Yang Bisa Dilakukan Untuk Menghabiskan Libur Tahun Baru Di Jepang


Enam Tradisi Yang Bisa Dilakukan Untuk Menghabiskan Libur Tahun Baru Di Jepang

Tahun baru telah datang, dan apakah kalian memiliki rencana untuk berlibur ke Jepang? Di negeri sakura ternyata ada beberapa tradisi selalu dilakukan oleh masayrakat setempat di penghujung maupun awal pergantian tahun dan tentunya hal tersebut juga bisa kalian ikuti jika ingin menyambut tahun baru di sana. Mereka percaya apa yang dikerjakan dan didapat di awal tahun akan menentukan bagaimana kehidupan selama setahun ke depan.


Berikut ini adalah enam tradisi khas masyrakat setempat yang bisa kalian lakukan untuk menghabiskan waktu libur tahun baru di Jepang.

Oosoji Atau Membersihkan Rumah

Orang -orang Jepang percaya bahwa saat matahari terbit di hari pertama awal tahun, salah satu Kami, yaitu Toshigami-sama akan turun ke bumi untuk melindungi umat manusia. Maka dari itu, membersihkan rumah menjadi salah satu kebiasaan yang kerap dilakukan oleh masyarakt setempat untuk menyambut tahun baru, dan setelah bersih – bersih berakhir, mereka akan membuat dekorasi tahun baru berupa Kadomatsu, tanda yang dibuat dari bambu agar Kami datang ke rumah mereka tanpa tersesat.

Nengajou

Meski tradisi ini semakin memudar seiring berkembangnya sosial media, namun menyiapkan kartu tahun baru sebagai ungkapan terima kasih kepada orang-orang yang telah bekerja sama maupun teman di sepanjang tahun masih jadi cara yang sangat baik dan tentunya. Selain ungkapan, kartu – kartu tersebut juga biasanya menyertakan gambar shio untuk tahun yang akan datang.

Menonton Program TV Akhir Tahun
Pengisi Acara
mdpr.jp

Selain melakukan beberapa aktivitas seperti di atas, biasanya orang – orang akan menonton TV sembari bersantai di kotatsu. Salah satu program TV populer yang tayang menjelang pergantian tahun adalah Kouhaku Uta Gassen, para penyanyi, band, hingga idol group dibagi menjadi dua kelompok, merah (akagumi) dan putih (shirogumi), penonton pun dapat memilih tim favorit mereka.

Toshikoshi Soba

Toshikosi Soba merupakan tradisi memakan soba atau mie yang dilakukan oleh masyarakat Jepang untuk merayakan malam tahun baru. Mereka telah mulai tradisi unik tersebut sejak zaman Edo untuk memotong nasib buruk dari tahun ini karena tekstur soba yang mudah dipotong, dan bentuknya panjang, orang berharap bisa hidup lebih lama setelah memakannya.

Otoshi Dama

Tahun baru yang menyenangkan diawali dengan tradisi memberikan uang tahun baru atau Otoshi Dama untuk anak-anak yang diberikan oleh orang tua, kakek dan nenek, bibi maupun paman mereka. Otoshi Dama tentunya akan sangat menyenangkan untuk anak – anak.

Hatsumode

Setelah merayakan pesta tahun baru, masyarakat Jepang akan pergi mengunjungi kuil untuk berdoa kepada Tuhan dan membuat keinginan, biasanya dilakukan sejak hari pertama hingga tanggal 3 Januari. Mereka akan mengambil jimat keberuntungan untuk tahun ini dan membuang jimat yang mereka ambil di tahun lalu.

Source : tokyogirlsupdate.com

What's Your Reaction?

LOL LOL
0
LOL
Sugoi! Sugoi!
16
Sugoi!
Honto Ni? Honto Ni?
1
Honto Ni?
Kanashii Ne Kanashii Ne
0
Kanashii Ne
Nani Kore?! Nani Kore?!
0
Nani Kore?!
Daisuki! Daisuki!
5
Daisuki!
Kowai Kowai
0
Kowai
Kawaii~ Kawaii~
2
Kawaii~
Pilih Format
Trivia quiz
Buat pertanyaan untuk mengetahui seberapa luas pengetahuanmu
Polling
Buat polling dan ajak pembaca untuk memilih
Artikel
Original artikel atau berita seputar Jepang
Artikel List
Buat daftar atau peringkat berita seputar Jepang
Ranked List
Ranked List
Meme
Unggah gambar dan buat meme kalian di sini