SHARE THIS ARTICLE

Banyak yang mengatakan bahwa Jepang merupakan negara yang mahal. Banyak barang dan jasa dengan harga yang lebih mahal dibandingkan dengan negara lain, walaupun ada beberapa hal yang malah lebih murah. Baru-baru ini, sebuah situs gaya hidup yaitu Madame RiRi memuat sebuah artikel mengenai enam contoh hal yang dirasakan oleh orang asing terlalu mahal di Jepang.

1. Bersantap

Walau banyak restoran yang menawarkan harga yang masuk akal karena resesi yang berkepanjangan di Jepang, namun banyak orang asing masih berkata bahwa harga makanan disana sangat mahal. Keluhan utamanya adalah karena porsinya yang sangat sedikit, sehingga akan menjadi mahal untuk ukuran orang asing makan hingga kenyang. Tambahan lagi, beberapa makanan/bahan makanan internasional seperti mentega kacang, tacos, pizza dan sebagainya memiliki harga yang lumayan mahal.

2. Buah-buahan

Selamat datang di negara buah melon seharga 10.000 yen. Para orang asing merasa bingung mengapa begitu banyak jenis buah yang dianggap sebagai hadiah yang mewah – 2.000 yen untuk buah yang dibungkus cantik di Jepang sementara di Amerika Serikat hanya seharga antara 2-3 dolar. Nampaknya hanya nanas dan pisang lah buah yang murah di Jepang.

3. Pendidikan

Pendidikan di Jepang sangatlah mahal. Mulai dari tas rucksack yang biasa dipakai anak SD, biaya sekolah, biaya ujian untuk masuk universitas dan lain sebagainya dianggap terlalu tinggi. Jepang memiliki juga tempat-tempat kursus, yang tidak terlalu umum di luar negeri, dan hal itu juga menyedot biaya yang tidak sedikit.

4. Tiket bioskop

Harga tiket bioskop di Amerika Serikat adalah sekitar 7,95 dolar (sekitar 640 yen). Di Jepang, kita harus merogoh kocek paling sedikit sebesar 1.800 yen.

5. Alkohol

Harga bir di Jepang adalah empat kali lebih mahal daripada di Jerman dan dua kali lebih mahal dari Amerika Serikat. Juga, harga anggur di Jepang dua kali lipat lebih mahal daripada di Perancis.

6. Produk-produk perawatan kulit

Banyak orang asing mengatakan bahwa harga produk-produk perawatan kulit di Jepang tiga kali lebih mahal daripada di Amerika Serikat. Secara umum, penduduk Jepang lebih abnyak mengeluarkan uang pada produk-produk kecantikan daripada orang di negara-negara lain.

sumber : japantoday.com

COMMENT