SHARE THIS ARTICLE

AFAID14 anisong day 1 (6)

Anime Festival Asia Indonesia atau lebih dikenal dengan AFAID merupakan acara tahunan yang menyuguhkan sebagian potongan budaya Pop Jepang dari Tokyo ke Indonesia khususnya Jakarta. AFAID 2014 ini adalah kali ketiga diadakan di Indonesia mengikuti jejak kesuksesan dua event sebelumnya yaitu di 2012 dan 2013. Salah satu potongan budaya Jepang yang disuguhkan di AFAID tahun ini dan tahun-tahun sebelumnya adalah budaya musik Jepang yang dibalut dengan kolaborasi bersama budaya anime dalam konser I LOVE ANISONG. Konser I LOVE ANISONG merupakan salah satu rangkaian acara AFAID yang diselenggarakan pada tanggal 16 dan 17 Agustus 2014. Tak tanggung-tanggung AFAID 2014 menghadirkan tujuh artis dari Jepang antara lain: EGOIST, Eir Aoi, GARNiDELiA, Hachioji P, DJ Kazu, Luna Haruna dan T.M.Revolution.

AFAID14 anisong day 1 (5)

Artis-artis yang berkesempatan tampil di konser I LOVE ANISONG pada hari pertama (16 Agustus 2014) yaitu EGOIST, DJ Kazu, Hachioji P dan Eir Aoi. Konser dimulai sekitar pukul 17.30 WIB dengan open gate konser pukul 16.30. Konser I LOVE ANISONG pada hari pertama dibuka dengan penampilan grup musik EGOIST.  Grup musik yang dibentuk oleh Ryo (SuperCell) ini membuka pertunjukannya dengan lagu Namae wo nai Kaibutsu yang merupakan ending song dari anime Psycho-Pass. Penampilan perdana EGOIST di Indonesia ini sama dengan penampilan-penampilan mereka sebelumnya di berbagai show di tempat lain yaitu hanya berbentuk visual artis dengan live vokal oleh chelly (vokalis EGOIST). Lagu berikutnya yang dibawakan adalah Light A Fire, All Alone With You. Pelantun theme song dari anime Guilty Crown dan Psycho-Pass ini sempat menyapa penonton konser dengan bahasa Jepang dan menyampaikan terima kasih atas sambutan yang luar biasa di AFAID 2014. Konser dilanjutkan dengan lagu The Everlasting Guilty Crown, Planetes, Suki to Iwareta Hi. Penampilan EGOIST ini ditutup dengan lagu Departures ~Anata ni Okuru Ai no Uta~ yang merupakan ending theme song anime Guilty Crown.

AFAID14 anisong day 1 (2)

DJ Kazu tampil sebagai artis kedua pada konser ini. DJ yang terkenal dengan mixing lagu-lagu theme song anime ini membuka penampilannya dan membuat pengunjung konser melompat kegirangan dengan lagu dari Fripside yang berjudul Only My Railgun. Puluhan lagu dia putar tak henti yang membuat penonton menggoyangkan lightstick mereka. Rata-rata lagu yang DJ Kazu putar merupakan OST anime season tahun 2010 hingga 2014. Pria 27 tahun ini menutup penampilannya dengan lagu Secret Base (Kimi ga Kureta Mono) dari artis Zone. Penampilan selanjutnya di Konser ini adalah Hachioji P. Penampilan DJ spesialis tembang-tambang dari Hatsune Miku ini merupakan yang pertama di Indonesia. Lagu-lagu Hatsune Miku di rangkumnya dalam beberapa setlist antara lain KOKORO PYON PYON, Kimishira dan Weekend Girl.

AFAID14 anisong day 1 (3)

AFAID14 anisong day 1 (4)

AFAID14 anisong day 1 (7)

AFAID14 anisong day 1 (8)

AFAID14 anisong day 1 (20)

AFAID14 anisong day 1 (22)

AFAID14 anisong day 1 (23)

AFAID14 anisong day 1 (25)

AFAID14 anisong day 1 (26)

AFAID14 anisong day 1 (24)

Artis penutup konser I LOVE ANISONG hari pertama adalah Eir Aoi, penyanyi solo wanita yang sudah 3 kali datang ke Indonesia ini tampil dengan konsep yang berbeda dari penampilan-penampilan sebelumnya. Penyanyi yang akrab dipanggil ruru ini tampil dengan live music bersama bandnya yang beranggotakan 3 orang (1 Basist, 1 Gitarist dan 1 Drummer). Penampilan artis cantik ini dimulai dengan lagu Sanbika, yang dilanjutkan dengan Aurora. Ruru menyampaikan ucapan terima kasih kepada pengunjung konser atas sambutan hangat yang telah diberikan. Konser dilanjutkan dengan lagu Memoria, Niji no Oto dan Astral. Pada kesempatan ini Ruru juga memperkenalkan singe terbarunya yang juga menjadi opening theme song anime Sword Art Online II yaitu Ignite. Sebagai lagu penutup, Ruru melantunkan Sirius yang merupakan OST dari anime Kill la Kill, sontak membuat penonton bersorak riuh. Ruru pun menyempatkan untuk berfoto bersama para pengunjung konser dari atas panggung dan sekaligus menjadi penutup konser I LOVE ANISONG untuk hari pertama.

AFAID14 anisong day 1 (14)

AFAID14 anisong day 1 (13)

AFAID14 anisong day 1 (11)

AFAID14 anisong day 1 (16)

AFAID14 anisong day 1 (15)

AFAID14 anisong day 1 (17)

AFAID14 anisong day 1 (18)

AFAID14 anisong day 1 (19)

Text by: Gesang

COMMENT