SHARE THIS ARTICLE
Foto: Thinkstock
Foto: Thinkstock

Nasi atau gohan menjadi makanan pokok orang Jepang. Namun, mereka punya banyak varian olahan nasi untuk meningkatkan rasa dan nutrisinya. Sebagian nasi diganti dengan kacang merah dan edamame.

Kacang-kacangan merupakan bahan makanan kaya protein yang wajib dikonsumsi dalam jumlah cukup. Tak ada salahnya meniru cara orang Jepang mengolah nasi. Sebagian nasi diganti dengan bahan yang kaya nutrisi. Rasanya enak, tubuhpun sehat.

1. Osekihan

Foto: Discover Japan
Foto: Discover Japan

Nasi yang dimasak dengan campuran kacang azuki, kacang merah Jepang ini rasanya pulen dan legit. Ada rasa gurih kacang yang mengiringi tiap kunyahannya. Kacang azuki kaya akan protein dan serat.

Sajian nasi ini dibuat dari beras yang dicampur kacang azuki. Karenanya warnanya agak kemerahan. Umumnya disajikan pada acara istimewa seperti perayaan ulang tahun, kelahiran anak atau perkawinan.

2. Ginan Gohan

Foto: www.tenyo-takeda.co.jp
Foto: www.tenyo-takeda.co.jp

Disebut juga dengan ginkgo nut rice. Karena nasi ini dicampur dengan ginko nut. Kacang yang berwarna kuning dengan rasa renyah gurih ini dimasak bersama beras dan kambu sehingga rasanya gurih enak.

Ginkgo nut kaya akan phyto nutrient dan antioksidan, sejumlah vitamin dan mineral. Kandungan nutrisi ini menambah kandungan nutrisi nasi yang dikonsumsi.

3. Edamame Gohan

Foto: food-in-japan.com
Foto: food-in-japan.com

Merupakan salah satu jenis maze gohan atau nasi campur yang biasanya dibuat saat musim panas. Nasi dimasak bersama edamame.

Kadang dicampur dengan jamur dan air teh untuk memberi aroma dan rasa yang lebih enak. Edamame merupakan salah satu jenis kacang yang kaya akan protein, potassium dan magnesium. Rasa renyah edamame membuat nasi ini lebih enak.

4. Matsutake Gohan

Foto: wwwherbivoracious.com
Foto: wwwherbivoracious.com

Nasi ini aromanya sangat segar karena diberi campuran irisan jamur matsutake. Selain itu nasi dimasak dengan dashi (kaldu) dan Shoyu sehingga gurih enak.

Hidangan nasi ini umumnya dinikmati saat musim gugur, saat banyak jenis jamur bertumbuhan.

5. Hijiki Gohan

Foto:tenyo-takeda.co.jp
Foto:tenyo-takeda.co.jp

Hijiki, rumput laut berbentuk rancing kecil ini rasanya gurih kenyal. Dimasak bersama beras degan tambahan irisan wortel dan tahu goreng.

Air perebusnya diberi dashi dan shoyu sehingga gurih enak. Nasi yang gurih ini umum disajikan sebagai selingan nasi putih untuk disantap sehari-hari.

Source : food.detik.com
COMMENT