SHARE THIS ARTICLE

kokeshidollsjan31Sebuah boneka perwakilan dari mainan tradisional Jepang, “kokeshi” baru-baru ini mendapatkan popularitas sebagai suvenir yang lucu di kalangan para wisatawan yang berkunjung dari luar Jepang.

Kokeshi adalah boneka sederhana yang terbuat dari sepotong kayu yang diukir menjadi bentuk silinder, dengan wajah yang dilukis di kepalanya yang bulat.

Di Prefektur Gunma, salah satu daerah produksi utama negara tersebut, para pembuat boneka mulai memproduksi boneka kokeshi bergaya modern yang dikenal atas desain stereoskopik untuk rambut dan bagian-bagian lainnya. Boneka modern yang disebut “Kindai Kokeshi” ini kini tersedia di tempat-tempat wisata di seluruh Jepang.

Dengan diberkatinya prefektur tersebut oleh berlimpahnya pohon zelkova dan dogwood Jepang, produksi mainan telah banyak dipraktekkan selama bertahun-tahun. Setelah Perang Dunia II, para pembuat mainan lokal mulai memproduksi boneka kokeshi sebagai suvenir bagi para wisatawan dan desain yang ditampilkannya terinspirasi oleh lukisan-lukisan bergaya Jepang.

Tapi kini, para pengrajin yang tidak puas dengan boneka-boneka tersebut untuk penggunaan komersial, mengeksplorasi berbagai kemungkinan artistik untuk menawarkan boneka kokeshi yang lebih “kreatif”.

Kokeshi modern juga tersedia di toko Gunma-chan Chi (Gunma-chan’s home) yang dikelola prefektur tersebut di distrik Ginza, Tokyo, yang terletak di dekat salah satu dari tempat-tempat wisata di ibukota, teater Kabukiza. Boneka tersebut mungkin terlihat sederhana, tetapi kesederhanaan ini yang memberikannya beraneka penampilan.

Boneka dalam gambar di atas dijual seharga 2.110 yen ($ 18).

Alamat: 5-13-19 Ginza, Chuo Ward, Tokyo.

Buka tujuh hari seminggu jam 10:00-19:00

Ditutup selama akhir tahun dan liburan Tahun Baru.

Source : houseofjapan.com
COMMENT