Barang yang Sebaiknya Tidak Diberikan Kepada Orang Jepang Pada Akhir Tahun


Barang yang bikin bingung
(featured image : http://顔汗止めるドラッグストア.biz)

Di Jepang biasanya orang-orang akan memberikan sebuah barang sebagai tanda terimakasih atas segala kebaikan seseorang selama satu tahun di akhir tahun seperti pada bulan desember ini. Ketika menerima barang tersebut ada orang yang senang menerimanya dan ada juga yang berkata, “saya berterimakasih tapi barang ini membuat saya kebingungan dan bermasalah.”


Sebuah perusahaan rumah Jepang SUUMO membuat sebuah penelitian untuk mengetahui hadiah apa saja yang biasanya membingungkan dan menjadi masalah bagi orang Jepang. Berikut adalah hasilnya :

  1. Sake 9.6%
  2. Alat Perlengkapan Tidur (Sprei, Bantal, Guling dkk) 7.5%
  3. Peralatan Mandi (Sabun, Sampo, dll) 7.5%
  4. Makanan manis Jepang 7.1%
  5. Handuk 6.7%
  6. Seafood mentah seperti (kepiting, ikan, dll) 6.3%
  7. Bahan pencuci pakaian 6.3%
  8. Buah-buahan 5.9%
  9. Minyak Goreng 4.2%
  10. Kopi dan teh 3.8%

Berbeda dengan budaya kita yang sangat menghargai pemberian apapun barangnya, Jepang memiliki budaya untuk menolak apabila mereka sudah merasa cukup. Dari hasil penelitian tersebut diketahui hadiah yang paling menimbulkan masalah bagi mereka adalah sake meskipun mungkin beberapa orang merasa senang mendapatkannya, kita perlu menelaah lebih lanjut apakah orang tersebut menyukainya atau tidak. Sebagian orang menjelaskan alasannya seperti, “saya tidak minum alkohol” atau “saya tidak bisa minum”.  Ada juga yang menjawab, “ini bukan jenis alkohol yang saya sukai” serta “sulit untuk menyimpannya”.

Untuk masalah bedding set, beberapa alasannya adalah “ukurannya tidak sesuai” , “Tidak ada tempat untuk menyimpannya” , dan juga alasan karena dia tidak menyukainnya. Begitu juga dengan peralatan mandi yang apabila menumpuk terlalu banyak akan bermasalah bagi mereka.

Berbeda dengan permen Jepang atau makanan manis lainnya, alasan mereka ingin menolaknya karena waktu kadaluarsanya terkadang sangat pendek. Apabila mereka terlalu banyak menerimanya mereka tidak akan mampu menghabiskannya dan akhirnya membuang makanan tersebut.

Bagi hadiah makanan alasan utamanya adalah waktu penyimpanan, untuk barang peralatan rumah tangga alasannya adalah kepraktisan dan pola atau desain yang disukai berbeda, juga tidak ada tempat untuk menyimpannya.

Kita harus berhati-hati dalam memilih hadiah akhir tahun bagi orang Jepang, lebih baik kita mecari tahu lebih lanjut mengenai penerima dan barang apa yang benar-benar mereka sukai.

(featured image : http://顔汗止めるドラッグストア.biz)

Source : Yahoo! Japan

What's Your Reaction?

LOL LOL
11
LOL
Sugoi! Sugoi!
6
Sugoi!
Honto Ni? Honto Ni?
20
Honto Ni?
Kanashii Ne Kanashii Ne
5
Kanashii Ne
Nani Kore?! Nani Kore?!
4
Nani Kore?!
Daisuki! Daisuki!
4
Daisuki!
Kowai Kowai
2
Kowai
Kawaii~ Kawaii~
0
Kawaii~
gaemgyee

Harmony Whisperer || Lunatic Dreamer || Wishful Thinker || Part Time Traveler

Choose A Format
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes