SHARE THIS ARTICLE

Bandung Idol Show 2014 003

Setelah tren girlband dan boyband yang mengacu ke Korea, nampaknya akhir-akhir ini tren grup idol yang mengacu ke Jepang mulai populer di Indonesia. Banyak grup idol baru bermunculan di berbagai kota di Indonesia, selain beberapa grup yang telah eksis sebelumnya. Eksistensi dan popularitas berbagai grup ini pun mulai meningkat di kalangan komunitas Jepang, bahkan ada beberapa dari mereka yang mulai merambah pasar umum.

Menyikapi fenomena ini, dua buah manajemen grup idol di kota Bandung yaitu OHAYOU TALENT AGENCY yang merupakan manajemen grup idol FLEURS MERON, dan Matrix Entertainment yang memegang grup idol WISH baru saja menggelar sebuah acara bertajuk BANDUNG IDOL SHOW 2014 pada tanggal 23 November kemarin yang mengambil tempat di Braga Citiwalk Bandung. Acara yang merupakan acara idol pertama di Bandung ini merupakan sebuah trial untuk menuju acara selanjutnya dengan lingkup yang lebih besar yang rencananya akan digelar pada awal tahun 2015 mendatang.

Lunar Melody 001
Lunar Melody

Acara dimulai tepat pukul 2 siang, yang dibuka dengan penampilan akustik oleh band Lunar Melody. Band yang digawangi oleh duo Dadi pada gitar dan Widy pada vokal ini menyajikan dengan manis dua buah lagu dari YUI yaitu Laugh Away dan Good-Bye Days, dan ditutup dengan lagu Sobakasu milik band Judy And Mary yang diberi sentuhan aransemen ulang yang apik. Setelah Lunar Melody, giliran band Raw Tomato tampil, kali ini membawakan versi akustik dari tiga lagu dari tiga grup idol Jepang yang berbeda untuk menyesuaikan dengan tema “idol” dalam acara tersebut. Lagu pertama adalah dari grup idol BiS (Brand New Idol Society) berjudul primal, yang kemudian dilanjutkan dengan sebuah lagu bersemangat milik grup idol Party Rockets dengan judul Setsuna Sora. Penampilan Raw Tomato ditutup dengan sebuah aransemen ulang dari lagu Believe milik Folder5, dari sebuah lagu eurobeat yang bersemangat menjadi sebuah lagu slow yang manis. Anchi yang merupakan vokalis Raw Tomato dalam sekejap menjadi populer, terbukti dengan banyaknya permintaan foto bersama oleh para fans dan wota setelah Raw Tomato selesai tampil.

Raw Tomato 05
Raw Tomato
Raw Tomato 02
Raw Tomato

Setelah dua opening act dari Lunar Melody dan Raw Tomato, acara sesungguhnya dibuka dengan penampilan dari grup cover dance Ai no Tomodachi. Grup asal Bandung ini mengundang perhatian tersendiri karena keunikannya; selain 10 orang gadis belia yang menjadi member-nya, ternyata ada seorang pria yang menjadi semacam maskot mereka turut naik ke atas panggung dan ikut bernyanyi dan menari dengan luwesnya. Ai no Tomodachi yang dimotori oleh Jeje sebagai captain mereka membawakan tiga lagu dari keluarga 48, dimulai dengan Kitagawa Kenji dari NMB48, Gomen ne SUMMER versi SKE48 dan lagu terakhir yang membuat para fans dan wota yang datang ke acara tersebut menggila yaitu RIVER dari AKB48.

AnT 001
Ai no Tomodachi
Ren-Ai 001
Ren-Ai Project

Segera setelah Ai no Tomodachi adalah penampilan dari Ren-Ai Project. Grup idol asal Jakarta ini sengaja diundang untuk meramaikan acara BANDUNG IDOL SHOW 2014 oleh penyelenggara acara. Dengan enerjik mereka membawakan lagu Love Love Fighter yang merupakan single pertama mereka, dengan setelahnya dua buah lagu yang kini tengah populer di kalangan penggemar idol, yaitu Miracle First Date dari Jewel Kiss dan Nerve dari Dorothy Little Happy. Para wota yang datang ke acara tersebut pun semakin bersemangat melakukan chanting dan wotagei saat kedua lagu itu dibawakan. Grup idol yang beranggotakan Tichan, Ge-chan, Richan dan Rima itu sempat pula mengenalkan seorang trainee barunya yaitu Nu-chan.

WISH
WISH

Setelah jeda sesaat, penampilan berikutnya adalah salah satu dari penampil utama yaitu WISH. Grup idol yang digawangi oleh Nurul, Fanny, Citra dan Wina itu tampil dengan penuh totalitas membawakan lagu-lagu orisinil mereka. Dimulai dengan Go Away!, WISH tampil membawakan total lima lagu, diikuti oleh Starlight in Heaven, Dream Diary, Try Again yang merupakan lagu terbaru mereka yang dibawakan untuk pertama kalinya dalam gelaran BANDUNG IDOL SHOW 2014 ini, dan Hanya Dalam Hati yang menjadi lagu encore mereka.

Sebelum FLEURS MERON yang menjadi penampil terakhir, Julian Hafiz yang merupakan produser WISH dan pemilik Matrix Entertainment dan Gildan Akbar yang merupakan pendiri OHAYOU TALENT AGENCY naik ke atas panggung. Dalam kesempatan gelaran kemarin mereka meresmikan IDOL SHARE, sebuah wadah yang nantinya akan menjadi portal berita khusus idol dan hal-hal yang berhubungan dengan idol baik itu idol Jepang asli maupun idol lokal.

FM 004
FLEURS MELON

FLEURS MERON pun tampil menutup gelaran BANDUNG IDOL SHOW 2014. Grup idol yang sudah ditunggu-tunggu para penggemarnya itu langsung menggebrak panggung dengan membawakan empat buah lagu. Setelah Intro yang menjadi lagu pembuka mereka setiap mereka tampil, grup idol yang beranggotakan Nana, Tiara, Pita, Iren, Zenia, Kira, Riri, Eva, Dessy dan Livi itu langsung membawakan single pertama mereka yang sudah tidak asing lagi di telinga para fans mereka yaitu WAHAI SAHABAT. Ada sebuah kejutan yang diberikan oleh FLEURS MERON, yaitu mereka membawakan sebuah lagu dari grup idol Afilia Saga berjudul Neptune Sagashite lengkap dengan koreografinya yang unik. ANDARAVARLDA yang merupakan satu lagi lagu orisinil mereka juga dibawakan sebagai penutup dari penampilan heboh grup idol asal Bandung ini.

Setelah sesi foto bersama para fans dan wota di depan sebuah backdrop yang dibuat khusus untuk acara tersebut, gelaran BANDUNG IDOL SHOW 2014 pun akhirnya ditutup. Dengan menggelar acara BANDUNG IDOL SHOW 2014 dan meresmikan portal IDOL SHARE, OHAYOU TALENT AGENCY dan Matrix Entertainment sebagai penggagas acara ini memiliki sebuah harapan untuk menyatukan berbagai grup idol yang kini bermunculan di berbagai penjuru Indonesia dalam sebuah wadah yang dapat menampung mereka semua, sehingga para grup idol itu bisa saling mengenal di antara mereka, saling berbagi info dan tentunya menguatkan persatuan dan rasa solidaritas antara para grup idol tersebut.

Text by: Fikry Hasan

COMMENT