SHARE THIS ARTICLE
Ayam pedas dan konnyaku (Foto: Katsumi Oyama)
Ayam pedas dan konnyaku (Foto: Katsumi Oyama)

Konnyaku adalah makanan tradisional Jepang berbentuk seperti agar-agar yang terbuat dari sejenis tanaman umbi-umbian berukuran besar. Jika kalian ingin mengurangi kalori dalam makanan, maka Konnyaku akan sangat berguna. Dengan menggabungkannya menjadi suatu hidangan utama berupa hidangan ayam pedas dan konnyaku, seorang ahli memasak bernama Megumi Fujii mengatakan bahwa kuncinya adalah memberi rasa pada bongkahan agar-agar yang hambar tersebut. Untuk itu Fujii membuang airnya dengan menggorengnya hingga kering sehingga bumbu dapat meresap lalu memasak daging ayamnya hingga berwarna keemasan sehingga hidangan terlihat lezat.

Dilansir dari ajw.asahi.com, cara lain untuk mempersiapkan konnyaku menurut asosiasi dari berbagai usaha yang terkait konnyaku, adalah dengan menggosoknya menggunakan garam dan biarkan selama beberapa saat sebelum memasaknya di air mendidih dalam waktu sebentar. Selain itu, dengan menempatkan konnyaku pada bongkahan berbentuk kotak, lalu menaburinya dengan garam, dan menumbuknya secara ringan dengan rolling pin adalah cara lain untuk menghilangkan airnya.

Hidangan ini disajikan untuk empat porsi.

Bahan-bahan

1 paha ayam (250 gram)
4 jamur shiitake kering
1 blok konnyaku (380 gram)
1 daun bawang (naganegi)
1 siung bawang putih
1 sdt doubanjiang (tobanjan/pasta cabai untuk masakan Tionghoa)
Bumbu A (1/2 sdm kecap, 1/2 sdm sake -bisa diganti dengan bumbu lain sesuai selera-, 1 sdt jus jahe)
Bumbu B (2,5 sdm kecap, 1 sdm gula, 2 sendok makan sake -bisa diganti dengan bumbu lain sesuai selera-)
Larutan pati katakuriko/tepung maizena (2 sdt katakuriko dan 4 sdt air)
1/2 sdm minyak

Cara pembuatan

Rendam shiitake kering di dalam air hingga empuk. Buang batangnya. Iris-iris bagian atasnya yang seperti topi menjadi setengah bagian. Tambahkan air ke larutan shiitake hingga membuatnya menjadi 1 cangkir. Sisihkan.

Potong ketebalan konnyaku menjadi setengah. Buat sayatan diagonal yang tidak begitu dalam di kedua sisinya. Potong menjadi menjadi berbentuk seperti stik. Potong bawang hijau. Tumbuk bawang putih dengan sisi datar dari pisau dapur. Buang pucuk hijaunya.

Iris ayam menjadi potongan-potongan kecil dan aduk dengan Bumbu A.

Panas wajan, tambahkan konnyaku tanpa minyak dan goreng hingga kering. Angkat dari wajan.

Panaskan minyak dalam wajan, tumis daun bawang dan bawang putih. Tambahkan doubanjiang dan, saat aromanya tercium, tambahkan paha ayam, goreng sisi bawah kulitnya terlebih dahulu. Tiriskan bumbu dari ayamnya sebelum dimasak.

Ketika daging ayamnya berwarna keemasan, tambahkan konnyaku dan shiitake dan tumis. Ketika minyak telah melapisi semua bahannya, tambahkan air shiitake dan Bumbu B. Tutup wajan dan masak selama 10 menit di atas api dengan panas di atas ukuran sedang. Balik sisinya sesekali. Tambahkan larutan pati untuk mengentalkan sausnya.

Informasi gizi (per porsi): dalam kilokalori, 190; konten sodium, 2,3 gram; kadar lemak, 10,4 gram

Perkiraan waktu: 40 menit (20 menit untuk menyiapkan, 20 menit untuk memasak)

Source : ajw.asahi.com
COMMENT