Share on

Gundam berukuran 1:1 di Yokohama memang luar biasa, tapi gunpla alias plastic model Gundam juga gak kalah luar biasa! Apalagi, jika gunpla-nya dibuat oleh tangan-tangan terampil seperti Mannen Factory (@hide94373 di Twitter, mannen_koubou di Instagram) yang menghabiskan tahun demi tahun dan jutaan yen untuk membuat scene menakjubkan menggunakan plastic model. Seperti apa karyanya?

Advertise With Us

Keahlian khusus Mannen Factory memang me-remake scene dari seri anime  Mobile Suit Gundam  dengan menggunakan Gunpla, plastic model kit Gundam. Karya-karyanya luar biasa! Pasalnya, merakit Gunpla memang sangat merepotkan, banyak hal yang harus kamu lakukan sebelum membuat sebuah Gunpla. Sebelum dirakit, kamu harus melepas klip inti yang menghubungkan setiap bagiannya, lalu memastikan mereka tidak mengganggumu dalam proses pembuatan Gunpla. Lalu, setelah kamu berhasil menyatukannya dan membentuk mecha itu, kamu harus memasang aksesori dan sticker sesuai dengan tempat yang telah ditentukan dengan sangat hati-hati. Salah-salah, bisa robek. Benar-benar sulit!

Nah, bagi kebanyakan orang, proses pembuatan Gunpla berhenti sampai langkah di atas, Namun, bagi beberapa orang, mereka ingin Gunpla mereka terlihat lebih keren dari Gunpla standar. Karena itu, ada yang menggunakan airbrush untuk mendekorasi Gunpla mereka, dan masih banyak trik unik lain.

Dan itulah yang dilakukan Mannen Factor. Tak hanya membuat model Gunpla, mereka pun membuat seluruh settig background! Mulai dari langit-langit hingga lantau, semuanya diatur agar menyerupai sebuah scene realistis! Karya mereka sangat luar biasa, membuat diorama terbarunya yang dibangun selama hampir 4 tahun, viral di kalangan pecinta model-kit Jepang.

Gunpla mereka sangat detail dan besar. Lihat saja, bukan hanya ada Big Zam dan Rick Dom raksasa yang ditempatkan di sebuah hanggar super detail-nya, ada miniatur manusia mungil di sekitar Big Zam! Dan di sisi kiri diorama, ada sebuah jendela yang mengarah ke sebuah ruangan di mana tentara Zeon berbaris rapi, tengan melakukan briefing bersama “sesoroang” yang terlihat seperti Dozle Zabi, pilot Big Zam. Keren!

Ternyata, pekerjaan Mannen Factory bukan hanya membuat diorama. Mereka memang membuat dan membangun Gunpla serta model lainnya untuk mengikuti kompetisi Gunpla, namun mereka juga kerap menggelar demonstrasi langsung dan workshop tentang membuat diorama dan Gunpla. Bahkan, mereka pernah tampil di Japan Expo 2016 di Paris, Perancis untuk membagikan pengetahuan mereka tentang diorama dan model-kit lho! 

Mannen Factory juga memiliki channel YouTube sendiri lho! Meski tidak terlalu aktif dalam mengunggah video, kamu bisa mengintip beberapa video dan melihat bagaimana detail dari diorama dan model mereka. Jika, kamu seorang fans Gunpla, wajib lihat deh video Mannen Factory! Lumayan kan untuk inspirasi?