Share on

Manga SPY X FAMILY, karya Tatsuya Endo, berlatarkan dua negara fiksi yang sedang berseteru di tengah-tengah Benua Eropa. Dua negara tersebut adalah Ostania yang berada di timur dan Westalia yang ada di barat. Seorang agen rahasia dengan codename Tasogare dikirim ke Ostania untuk mengawasi pemimpin sayap kanan garis keras yang bernama Desmond.

Advertise With Us

SPY X FAMILY, Manga Berkisah
Manga SPY X FAMILY (mangaplus.shueisha.co.jp)

Misi dari Tasogare adalah membangun sebuah “keluarga” di Ostania dan memasukkan “anaknya” ke sebuah sekolah elit di mana anak dari Desmond juga bersekolah di sana. Sehingga, dia dapat mendekati pemimpin sayap kanan garis keras tersebut yang terkenal sangat berhati-hati, bahkan Desmond pun jarang muncul ke muka umum. Dengan menggunakan nama samara Loid, Tasogare mengadopsi seorang anak perempuan yatim piatu bernama Ania, kemudian menikahi seorang pegawai sipil yang polos dan pendiam bernama Yor.

SPY X FAMILY, Manga Berkisah
Loid alis Tasogare, sang mata-mata (the-japan-news.com)
Tenyata, anak angkatnya memiliki kekuatan supernatural, yaitu kemampuan membaca pikiran orang lain. Tidak hanya itu, ternyata identitas asli sang “istri” adalah seorang pembunuh bayaran dengan nama julukan “Ibara-Hime atau Princess Thorn”. Tentu saja Tasogare dan Yor tidak mengetahui identitas satu sama lain. Akan tetapi, sang “anak” yaitu Ania mengetahui rahasia dari kedua orang tuanya karena kemampuannya.
SPY X FAMILY, Manga Berkisah
Yor, sang istri yang juga pembunuh bayaran (www.mangaupdates.com)
Cerita dari manga ini terasa sedikit familiar, ya? Pada tahun 2005, ada film yang berjudul “Mr. & Mrs. Smith” yang dibintangi oleh Angelina Jolie dan Brad Pitt yang bertemu dan membangun sebuah “keluarga”. Diceritakan bahwa mereka berdua sebenarnya adalah 2 agen rahasia dari perusahaan agen berbeda. Ada pun orisinilitas dari manga ini adalah aksi lucu nan menggemaskan tetapi heroik dari Ania untuk mempertahankan keutuhan “keluarga” walaupun Ania bisa mengetahui “kebohongan” orang tuanya. Sementara, Tasogare hanya melihat “keluarga” yang dia bangun ini semata-mata demi kepentingan misinya. Akan tetapi, setelah menjalani kehidupan bersama Ania dan Yor, Tasogare pun teringat kembali akan alasan utamanya untuk menjadi seorang mata-mata, yaitu untuk melindungi kehidupan orang banyak.
SPY X FAMILY, Manga Berkisah
Ania yang bisa membaca pikiran (spy-x-family.fandom.com)
Manga ini juga memiliki kemiripan yang muncul di dorama seperti “Gibo to Musume no Blues” dan “Nigeru wa Haji daga Yaku ni Tatsu”. Kedua dorama menuai sukses dari premis yang sama, yaitu sebuah “keluarga” yang diawali oleh ketidakpastian dan kerapuhan. Kemudian, kondisi itu berubah menjadi sebuah unit yang memiliki “ikatan” yang bahkan lebih kuat dibandingkan dengan keluarga “asli” pada umumnya. Manga SPY X FAMILY yang pertama kali dirilis di Jepang pada bulan Juli tahun lalu ini memang mempunyai tema cerita yang unik dan kualitas yang tidak terduga. Unsur-unsur itu meraih ketertarikan banyak pembaca di Jepang. Mereka terus penasaran dengan perjalanan dari ketiga anggota "keluarga" ini. Kira-kira bagaimana ya kelanjutan cerita dari SPY X FAMILY di tahun 2020 ini?