Share on

Momoko Sakura, mangaka yang terkenal sebagai pencipta manga populer Chibi Maruko-chan menghembuskan nafas terakhir pada 15 Agustus pukul 8:29 malam, karena kanker payudara di usia 53 tahun. Keluarganya telah mengadakan pemakaman secara pribadi.

Advertise With Us

Menenai meninggal dunianya Sakura, TARAKO, pengisi suara karakter Chibi Maruko-chan, juga mengatakan bahwa dia pergi terlalu cepat, padahal masih banyak hal yang ingin dilakukan oleh Sakura. Pemimpin Redaksi Majalah Shueisha, Sōichi Aida juga memberikan penghormatan terakhir dan mengatakan bahwa tidak akan pernah hilangnya perasaan bahwa dia meninggal terlalu cepat. Meski demikian, dia juga mengatakan bahwa wajah Maruko dan teman-temannya yang ceria akan selalu bersinar di hati semua pembacanya dari anak-anak hingga orang dewasa.

Staf studio Sakura Production memposting gambar berikut untuk mengenangnya:

Sakura lahir pada 8 Mei 1965 di Shimizu, Shizuoka. Dia membuat debut manga profesionalnya ketika dia masih kuliah di tahun 1984, dan dia membuat serial manga Chibi Maruko-chan di majalah Ribon dari 1986 hingga 1996. Manga komedi, yang mengikuti kehidupan sehari-hari seorang siswi kelas tiga ini telah dicetak sekitar 32 juta eksemplar. Sakura meluncurkan versi empat panelnya di sebuah surat kabar Jepang pada tahun 2007, dan dia mengakhiri versi itu pada tahun 2011.

Manga Chibi Maruko-chan asli mengilhami anime televisi yang secara konsisten menjadi serial anime populer kedua setelah Sazae-san. Serial anime pertama berlangsung dari tahun 1990 hingga 1992, dan seri kedua yang sedang berlangsung ditayangkan pada tahun 1995. Sakura sendiri jugalah yang menciptakan lagu tema anime tersebut, "Odoru Ponpokorin."

Momoko Sakura Sang Mangaka Chibi Maruko-chan, Meninggal Dunia
(image: Japan News)

Episode anime televisi yang ke-1000 ditayangkan pada tahun 2012, dan pertunjukan ini sekarang memiliki lebih dari 1.100 episode. Serial ini merayakan ulang tahun ke 25 pada tahun 2015, dan Fuji TV menyatakan pada hari Senin, bahwa mereka akan terus menayangkan anime TV tersebut.

(featured image: ebook4u)