Share on

Tanggal 27 Juni seharusnya menjadi hari besar bagi penggemar anime, karena hari itu adalah saat Evangelion Final Movie dijadwalkan untuk tayang di Jepang. Sebuah kisah teatrikal dari salah satu karya paling berpengaruh dalam sejarah anime Jepang ini sendiri, sudah cukup untuk menjadi mood booster bagi para penggemarnya. Evangelion Final Movie yang secara resmi berjudul Evangelion: 3.0 + 1.0 Thrice Upon a Time memiliki arti penting. Film ini lebih dari sekadarbagian dari animasi Eva generasi baru dalam delapan tahun terakhir, tetapi juga menjadi konklusi dari seri film Rebuild of Evangelion yang terdiri dari empat bagian. Seharusnya, ini jadi akhir dari franchise yang dimulai pada tahun 1995.

Jadi, tidak aneh jika banyak orang kecewa ketika Studio Khara mengumumkan bahwa pemutaran perdana Eva 3.0 + 1.0 ditunda tanpa batas waktu yang ditentukan karena pandemi virus corona. Masih belum bisa memprediksi kapan kita bisa melihat film ini, Khara setidaknya memberi kita bocoran baru dari apa yang akan kita lihat dengan merilis trailer teranyar Evangelion Final Movie.

Menyandingkan soundtrack jazzy yang penuh kegembiraan dengan beberapa visual yang gelap, trailer baru untuk Eva 3.0 + 1.0 dibuka dengan salah satu biomecha tempur tituler yang meluncur ke langit di antara segerombolan makhluk asing yang bergerak seperti kumpulan serangga. Kemudian, sebuah pemandangan di daratan menunjukkan dunia yang diwarnai dengan warna merah keunguan layaknya darah kering, disertai adanya raksasa yang memiliki lengan dan kaki yang berbentuk janggal yang melintas.

Evangelion: 3.0 + 1.0 (soranews24.com)
Evangelion: 3.0 + 1.0 (soranews24.com)

Ada sedikit gambaran langit biru yang tampak lebih “ceria” ketika trailer tersebut memperlihatkan pilot Eva Asuka dan Rei, meskipun adegan selanjutnya dari Rei yang biasanya sulit disentuh dan cenderung datar, menunjukan ekspresi ketakutan. Apakah yang Rei hadapi sampai membuatnya begitu syok?!

Rei Evangelion Final Movie (soranews24.com)
Rei Evangelion Final Movie (soranews24.com)

Muncul pula sesama pilot Eva Mari, protagonis yang sering dilupakan Shinji, dan, yang secara mengejutkan mengingat beberapa hal yang terjadi sejauh ini dalam alur cerita, Shinji dengan penuh percaya diri menantang Kaworu (dalam teks yang tertera). Ada juga sneak peak tampilan Evangelion Unit-13, yang kita saksikan "disalibkan" secara misterius di sebuah fasilitas yang menjadi tempat favorit sutradara Hideaki Anno saat mengulangi pola industri yang dipamerkan.

Rebuild of Evangelion (soranews24.com)
“Disalibkan secara misterius” (soranews24.com)

Dalam gaya Eva yang khas, tidak mungkin untuk mengetahui dengan mudah apa yang sebenarnya terjadi melalui trailernya saja. Namun film ini pastinya bakal memiliki banyak aspek mengejutkan. Jadi bersiaplah untuk kembali mengalami mind blowing saat film ini akhirnya mulai tayang di bioskop, dan tidak lupa mampir juga ke Kafe Evangelion untuk kembali menyegarkan diri kalian.

EVA Final Movie (soranews24.com)
EVA Final Movie (soranews24.com)