Share on

Nama Gundam mungkin tidak terdengar asing, apalagi di kalangan pecinta anime genre mecha. Ya, robot raksasa kuat ini sudah seperti superhero yang dipuja-puja masyarakat. Nah, di Jepang sendiri pemujaan terhadap robot Gundam sudah melebihi pemujaan terhadap superhero, malah lebih terlihat diperlakukan seperti dewa. Tidak percaya? Lihat saja foto patung Gundam di Jepang ini!

Patung Gundam,
Pekerja konstruksi memberi hormat kepada kepala patung Gundam (twitter: @mozukings)

Dari foto-foto yang diunggah oleh pengguna akun twitter Jepang, @mozukings, sepertinya tidak aneh jika kita menyebut Gundam sebagai “dewa”.  Dalam foto tersebut, terlihat beberapa pekerja konstruksi menundukkan kepala pada patung  Gundam.

“Setelah peradaban manusia jatuh nanti, jika seseorang melihat foto dan patung Gundam berukuran life-size ini, saya yakin mereka akan mengira kalau Gundam ini merupakan dewa yang disembah oleh orang-orang pada zaman dulu,” ujar @mozukings dalam cuitannya. Jawaban dari orang-orang yang membalas cuitan tersebut pun tak akalh menarik, misalnya beberapa cuitan ini:

“Di era ketika “dewa” ini disembah, orang-orang percaya kalau memiliki patung dewa dengan ukuran lebih kecil [Gunpla/plastic Gundam models] untuk mendapatkan berkat dewa.” “Ilmuwan mengatakan kalau orang-orang zaman dulu membuat berbagai seri manga dan anime tentang dewa mereka.” “Sejujurnya, memang tidak aneh jika mengatakan Gundam disembah di Jepang” “Ya memang ada God Gundam di seri Mobile Fighter G Gundam kan?”

Meski sudah banyak yang bertanya-tanya, sag pemilik akun @mozukings tidak mengatakan kapan dan di mana dia mengambil foto tersebut. Namun jika melihat kepala Gundam berukuran full-scale dalam foto, tempat paling memungkinkan adala Yokohama, tempat di mana patung Gundam berukuran 18 meter ini akan dipajang nantinya, yang kini masih dalam masa konstruksi. Patung tersbeut rencananya akan selesai sebelum bulan Juli, tanggal preview event-nya.

Sedangkan untuk acara grand opening-nya sendiri akan diadakan pada 1 Oktober 2020 mendatang. Jadi sebenarnya, para pekerja konstruksi yang menundukkan kepala pada kepala patung Gundam itu mungkin hanya untuk memberi respek saja, karena jika dilihat-lihat lebih jelas, ada 2 orang pria di belakang tangga yang mengisyaratkan operator mesin derek untuk mengangkat dan memasang kepala patung Gundam itu ke badannya.

Patung Gundam Jepang

Meskipun begitu, ternyata ada juga yang mengunggah foto dengan cuitan serupa. Simak cuitan dari pemilik akun twitter @xavita di bawah ini.

“Sejak bertahun-tahun lamanya, ketika wabah tersebar di seluruh penjuru Jepang, orang-orang akan membuat daibutsu (patung Buddha besar), dan ajaibnya, setelah patung tersebut selesai dibuat, penyebaran wabah juga ikut berhenti. Karena itu, aku percaya kalau wabah corona virus akan berhenti bersamaan dengan selesainya pembangunan patung Gundam di Yokohama”, ujar @xavita dalam cuitannya.

Apakah benar corona virus akan berhenti bersamaan dengan pembangunan patung “dewa” Gundam di Jepang ini ? Kita tunggu saja kelanjutannya ya.