Share on

Siapa yang tak kenal Doraemon? Robot kucing dari masa depan kesayangan kita sebentar lagi berulang tahun ke-50 lho! Nah, untuk merayakan ulang tahunnya yang menuju setengah abad ini, staff produksi seri Doraemon meluncurkan menu spesial, wagashi (kue manis tradisional Jepang) berentuk Doraemon “original”.

Nah, kenapa disebut Doraemon “original”?

Mungkin hanya fans berat Doraemon yang tahu kalau wujud asli Doraemon tidak seperti yang kita ketahui sekarang. Diceritakan dalam komik dan animenya, Doraemon sebenarnya memiliki tubuh berwarna kuning dan kuping lancip layaknya kucing biasa. Sayangnya, Doraemon harus kehilangan kupingnya karena digigit oleh tikus. Karena sedih kehilangan kupingnya, badannya berubah warna menjadi biru.

Kue Doraemon 'Original' dengan Kuping dan Warna Kuning untuk Memperingati 50 Tahun
Patung Doraemon "original" saat kupingnya digigit tikus di Taipei Doraemon Exhibition (flickr: YonG SkyGon)

Meskipun begitu, Doraemon tetap terlihat imut, seperti kue-kue dalam gambar. Sebelumnya, Doraemon juga sudah beberapa kali dibuat versi wagashi-nya.  Namun, baru di ulang tahun ke-50 inilah, wagashi Doraemon “original” dibuat.

Kue Doraemon 'Original' dengan Kuping dan Warna Kuning untuk Memperingati 50 Tahun
Wagashi Doraemon (grapee.jp)

Kue Doraemon yang merupakan bagian dari seri “Tabemasu” yang hanya dijual untuk waktu terbatas di Lawson di Jepang ini dibuat dari nerikiri (wagashi lembut yang terbuat dari adonan gyuhi dicampur dengan pasta kacang putih). Nerikiri merupakan wagashi yang mudah diwarnai dan dibentuk sesuai selera. Karena itulah, wagashi Doraemon ini terbentuk dari nerikiri.

Kue Doraemon 'Original' dengan Kuping dan Warna Kuning untuk Memperingati 50 Tahun
Kue Doraemon "original" (grapee.jp)

Nah untuk rasa, wagashi Doraemon berwarna biru akan diisi oleh pasta kacang rasa coklat. Sementara itu, wagashi Doraemon “original” akan memiliki rasa custard.

Wagashi imut ini akan dijual mulai dari 3 Maret di seluruh cabang Lawson di Jepang dengan harga 285 yen. Jangan sampai kehabisan ya!