Berita Jepang | Japanesestation.com

Memasuki seasonnya yang ke-4, ternyata tidak mengurangi excitement para pecinta anime untuk menonton salah satu anime bergenre post-apocalypse “Attack on Titan” atau yang juga biasa dikenal dengan nama “Shingeki no Kyojin”.

Sejak anime karya Hajime Isayama ini rilis pertama kali pada tahun 2013, anime ini mendapatkan banyak perhatian dari para pecinta anime. Alasannya, selain karena orisinalitas gambarnya, plot cerita yang berbeda dari anime-anime sebelumnya dan tentunya lebih menarik inilah yang membuat anime satu ini menjadi anime terfavorit. Tak heran jika kemudian banyak anime-anime lain yang terinspirasi dari franchise “Attack on Titan”, dan berikut 9 judul anime yang terinspirasi dari “Attack on Titan”:

9. Black Bullet

Anime
Black Bullet (cbr.com)

“Black Bullet” merupakan anime bergenre action, sci-fi, mystery, seinen yang rilis pada tahun 2014. Anime yang memiliki latar waktu di masa depan ini, menceritakan tentang petualangan Enju Aihara dan Satomi Rentaro dalam membasmi ancaman dari virus “Gastrea” yang menyerang peradaban umat manusia dan merubah manusia menjadi monster.

Huawei MatePad Pro

8. Knights of Sidonia

Anime
Knights of Sidonia (cbr.com)

“Knights of Sidonia” atau “Sidonia no Kishi” merupakan anime bergenre action, mecha, sci-fi, seinen, space yang rilis pada tahun 2014. Anime ini bercerita tentang petualangan Nagate Tanikaze bersama rekan-rekannya dalam mempertahankan eksistensi umat manusia, mengalahkan ras alien Gauna yang menghancurkan bumi, dan menjadi pahlawan yang dibutuhkan untuk Sidonia.

7. The Promised Neverland

Anime
The Promised Neverland (cbr.com)

“The Promised Neverland” atau “Yakusoku no Neverland” merupakan anime bergenre sci-fi, mystery, horror, psychological, thriller, shounen yang rilis pada tahun 2019. Meski pada anime ini tidak menceritakan tentang kepunahan umat manusia seperti pada anime “Attack on Titan”, namun terdapat nuansa kemiripan antara anime ini dengan “Attack on Titan”. Diantaranya, konsep akan kebebasan, karakter yang penuh misteri, kisah yang kelam, makhluk supernatural yang menyerang, dan yang paling mencolok adalah konsep bangunan “dinding” yang ditampilkan.

6. Parasyte: The Maxim

Anime
Parasyte The Maxim (cbr.com)

“Parasyte: The Maxim” atau “Keseijuu: Sei no Kakuritsu” merupakan anime bergenre action, sci-fi, horror, psychological, drama, seinen yang rilis pada tahun 2014. Anime ini bercerita tentang Shinichi Izumi, seorang siswa sekolah menengah yang berhasil bertahan dari serangan alien parasit yang ingin mengambil kendali penuh atas dirinya. Parasit yang hanya bisa mengambil alih tangan kanan Shinichi tersebut kemudian terpaksa harus bekerja sama dengan Shinichi untuk dapat bertahan hidup dan dengannya bekerja sama untuk membasmi alien.