Berita Jepang | Japanesestation.com

Hampir semua orang setuju kalau lagu “A Cruel Angel’s Thesis” adalah salah satu lagu opening anime terbaik sepanjang masa. Habis, lagu opening anime Neon Genesis Evangelion ini sangat populer, easy-listening dan unik dengan openingnya yang serasa seperti sebuah himne dengan instrumen brass band dan beat yang memadukan elemen modern, retro, dan klasik. Tapi, bagaimana jika lirik “A Cruel Angel’s Thesis” diganti dengan kata “nya,” alias suara kucing mengeong dalam bahasa Jepang? Dan bukan hanya sebagian kata saja yang diganti, tapi seluruh isi liriknya!  

Dan JS gak bercanda lho. Lagunya benar-benar ada! Intip saja video di bawah ini!

Lagu di atas berjudul “A Nyankoku Nyanko’s Thesis,” (nyanko berarti “kucing” dan nyankoku adalah pun dari kata zankoku/cruel/kejam). Lagunya benar-benar bagus kan? Tentu saja! Pasalnya, “A Nyankoku Nyanko’s Thesis” bukan lagu parodi, tapi lagu yang merupakan versi alternatif dan resmi dari opening Evangelion dan langsung dinyanyikan sendiri oleh Yoko Takahashi yang juga menyanyikan versi aslinya, “A Cruel Angel’s Thesis”.

Huawei MatePad Pro

Dan seperti kalian lihat, video tersebut menampilkan scene yang sama dengan opening anime Evangelion. Tapi, ada yang berbeda nih, semua karakternya jadi kucing! Lihat saja, ada Shinji versi kucing!

neon genesis evangelion kucing japanesestation.com
Shinji Ikari versi kucing (YouTube: にゃんこスタジオ公式チャンネル)

Rei versi kucing,

neon genesis evangelion kucing japanesestation.com
Rei Ayanami versi kucing (YouTube: にゃんこスタジオ公式チャンネル)

Misato versi kucing,

neon genesis evangelion kucing japanesestation.com
Misato versi kucing (YouTube: にゃんこスタジオ公式チャンネル)

Bahkan Gendo versi kucing juga ada!

neon genesis evangelion kucing japanesestation.com
Gendo versi kucing (YouTube: にゃんこスタジオ公式チャンネル)

Yang bikin makin menarik, adalah betapa bertolak belakangnya antara vokal Takahashi dengan premis “unik” ini. Takahashi benar-benar menyanyikannya dengan nada dan vokal sempurna!

“Saat mereka memberikan ide ini, saya benar-benar terkesan! Lagunya jadi sangat imut dan lucu, saya sangat senang bisa terlibat. Sangat menyenangkan!” ujarnya.

Kendati demikian, rupanya menyanyikan lagu ini dalam “bahasa kucing” bukan pekerjaan mudah. Takahashi harus mempertimbangkan infleksi dan penekanan yang tepat pada setiap -nya, dan ia juga mengatakan bahwa salah satu bagian tersulitnya adalah menuju akhir video di menit ke 1:25, tepatnya di bagian lirik “Shinwa ni nare” (“Jadilah legenda”) dalam versi aslinya.

neon genesis evangelion kucing japanesestation.com
Logo NEKO (YouTube: にゃんこスタジオ公式チャンネル)

Dan ada fakta menarik nih, jika kalian jeli, logo Nerv ternyata diganti dengan Neko (kucing) dengan kalimat dalam berbahasa Jepang yang ditulis dengan romaji yang berbunyi, “Aku ingin memakan nekomanma (cat rice, sejenis rice bowl dengan berbagai topping seperti katsuo bushi), nya. Berikan yang banyak, nya.”

Nah, sebenarnya apa sih alasan Evangelion tiba-tiba merilis lagu unik tersebut? Ternyata, seri anime populer ini tengah berkolaborasi dengan mobile game Jepang,  Battle Cats (atau Nyanko Daisenso dalam versi Jepang).

Para penggemar Evangelion (dan mungkin, Battle Cats) rupanya sangat senang dengan hadirnya lagu ini. Lihat saja beberapa komentar berikut:

“Aku sangat senang meski ide ini sangat aneh, tapi visual dan suaranya sangat sempurna.”

“Alu mengulang videonya terus menerus…”

“Lagu ini nagih banget. Misterius.”

“Wah ada entry plug kucing juga!”

“Saat lagunya dimulai, aku tak menyangka ia akan menyanyikannya sesuai panjang TV size!”

Dan yang paling menarik, masih banyak kejutan dari Battle Cats dan Evangelion! Video di atas memang merupakan versi TV-size dari “A Cruel Angel’s Thesis” yang hanya berdurasi separuh dari lagu full-nya. Nah, dari on-screen text yang ada dalam video, versi full dari “A Cruel Angel’s Thesis” versi suara kucing ini akan segera hadir! Mari kita tunggu!