Share on

Makoto Shinkai adalah salah satu nama terbesar di industri anime saat ini, dan merupakan salah satu sutradara anime paling terkenal yang masih hidup. Sekarang dia kembali mengarahkan proyek terbaru di Comix Wave Films. Namun ini bukan sekedar film animasi yang diakui oleh kritisi seperti Weathering With You atau Kimi no Na wa. Anime Makoto Shinkai ini sebenarnya adalah iklan untuk Taisei Corporation.

Iklan tersebut menampilkan Rumah Sakit Spesialis New Yangon yang baru. Dibangun oleh negara di Asia Tenggara, Myanmar. Iklan ini juga menampilkan beberapa lokasi dari negara tersebut. Dan seperti yang diharapkan dari Shinkai, ia menghadiahkan lokasi-lokasi Burma dengan penguasaan animasinya yang luar biasa dan penuh seni.

Anime Makoto Shinkai Terbaru Menampilkan Proyek Myanmar Taisei Corporation!
Myanmar Taisei Corporation karya Makoto Shinkai (https://sgcafe.com/2020/03/makoto-shinkai-directs-new-anime-commercial-featuring-taisei-corporations-myanmar-projects/)

Shikai sebenarnya berperan sebagai direktur umum komersial, dengan Youki Miki bertindak sebagai sutradara dan storyboarder. Miki adalah asisten direktur Shinkai di anime Weathering With You, serta mantan animator Ghibli. Adapun Taisei Corporation sebelumnya menampilkan Singapura dalam iklan lain yang diarahkan oleh Makoto Shinkai dari Comix Wave Films. Mereka sebelumnya juga menampilkan proyek perusahaan lainnya di Turki dan Vietnam.

Selain 2 judul film lain di atas, ada beberapa judul anime karya Shinkai lainnya yang JS rekomendasikan untuk kalian tonton. 4 Judul film tersebut antara lain:

The Place Promised in Our Early Days (2004)

Berlatarkan beberapa tahun dalam sejarah alternatif di mana Uni Soviet menempati setengah dari Jepang, film ini mengangkat kisah dua teman masa kecil yang tumbuh terpisah setelah salah satu teman mereka menghilang. Ketika ketegangan internasional meningkat dan sebuah menara misterius yang dibangun oleh Union mulai menggantikan materi di sekitarnya dengan materi dari alam semesta lain, mereka berpapasan sekali lagi dan menyadari bahwa teman mereka yang hilang mungkin menjadi kunci untuk menyelamatkan dunia.

 

5 Centimeters per Second (2007)

Film yang mendapatkan penghargaan Best Animated Feature Film di Asia Pacific Screen Awards 2007 ini berpusat pada perjalanan kisah cinta Takaki Tōno kepada teman masa kecilnya Akari Shinohara yang dibagi menjadi tiga babak perjalanan hidup keduanya. Dengan tampilan visual yang indah dan kisah cinta realistis, kisah keduanya bagaikan bunga sakura yang jatuh sejauh 5 cm setiap detiknya saat berguguran sebelum akhirnya menghilang.

Children Who Chase Lost Voices (2011)

Film ini adalah film animasi terpanjang karya Shinkai hingga saat ini dan digambarkan sebagai film animasi "hidup" mengenai petualangan, aksi, dan romansa yang berpusat pada seorang gadis yang ceria dan bersemangat dalam perjalanan untuk mengucapkan "perpisahan".

Antara menjadi siswa yang luar biasa dan mengurus rumah sendirian selama ibunya tidak ada, satu-satunya penghiburan Asuna Watase adalah mendengarkan radio kristal lamanya di tempat persembunyian gunung rahasianya. Suatu hari, dia secara tidak sengaja mendengarkan melodi yang misterius dan melankolis, berbeda dari apa yang pernah dia dengar sebelumnya. Segera setelah itu, seorang anak laki-laki yang penuh teka-teki bernama Shun menyelamatkannya dari makhluk berbahaya, dan tanpa sadar menyeret Asuna dalam perjalanan panjang ke tanah yang telah lama hilang melampaui daya imajinasinya. Hal ini mengubah kehidupan Asuna yang dulu melodis menjadi sebuah requiem yang rumit.

 

The Garden of Words (2013)

Pada pagi yang hujan di Tokyo, Takao Akizuki, pembuat sepatu yang bercita-cita tinggi, memutuskan untuk bolos kelas dan membuat sketsa desain di taman yang indah. Di sinilah ia bertemu Yukari Yukino, seorang wanita cantik namun misterius, untuk pertama kalinya. Menawarkan untuk membuat sepatu baru untuknya, Takao terus bertemu dengan Yukari sepanjang musim hujan, dan bahkan tanpa menyadarinya, keduanya mampu meredakan kekhawatiran yang tersembunyi di hati mereka hanya dengan bersama satu sama lain. Namun, perjuangan pribadi mereka belum hilang sepenuhnya, dan saat akhir musim hujan mendekat, hubungan mereka akan diuji.

Nah kalian penggemar karya Makoto Shinkai sudah pernahkan menonton semua film karya beliau? Yang mana nih film favorit kalian? Jangan lupa share jawaban kalian di kolom komentar ya dan selalu tunggu karya dan kabar beliau selanjutnya di Japanese Station!