Share on

Memang sulit mengatakan selamat tinggal kepada anime yang sudah melekat di hati kita, membawa harapan para karakter utama mendapat ending yang bahagia sesuai ekspetasi. Sayangnya, tidak semua anime memiliki ending yang mengecewakan dan terksesan buru-buru. Di bawah ini ada 5 anime dengan ending kurang memuaskan bagi sebagian besar penonton.

Advertise With Us

1.Fairy Tail: Final Series

Fairy tail
Fairy Tail : FInal Series, meskipun happy ending tapi ada beberapa hal yang membuat penggemar kecewa (pinterest.com)

Fairy Tail memiliki beberapa momen fantastis jadi tak heran seri anime ini memiliki penggemar yang cukup besar. Tapi semuanya berubah ketika pertarungan terakhir melawan Acnologia yang terlalu singkat dan tidak epik. Natsu yang dari awal telah kehilangan motivasinya untuk bertarung, malah menyisakan adegan pertempuran yang sia-sia. Para penggemar juga dibuat kecewa dengan hubungan Natsu dan Lucy yang tidak berkembang. Sayang sekali!

2. Danganronpa 3: The End of Kibougamine Gakuen Mirai-hen

ending anime mengecewakan
Danganronpa 3: The End of Kibougamine Gakuen Mirai-hen (akibanation.com)

Penambahan chapter dari visual novel Danganronpa ke anime aslinya menyajikan chapter terakhir dari Hope’s Peak Academy arc yang mendapat respon  beragam. Tapi sayangnya dua episode terakhir mengecewakan. Penjelasan untuk Final Killing Game membuat sebagian besar peristiwa sebelumnya menjadi sia-sia, Kelas 77-B entah bagaimana kembali dari kematian dan bahkan pengorbanan Kyoko diperdebatkan ketika dia juga hidup kembali.

3. The King’s Game

anime horror terburuk japanesestation.com
King's Game (next-episode.net)

Meskipun memiliki alur cerita yang sederhana, tapi entah bagaimana Nobuaki telah kehilangan sebagian besar teman-teman sekelasnya dan hanya menyisakan dirinya bersama dengan para karakter pendamping  lainnya melawan raja misterius. Mereka menyimpulkan bahwa satu-satunya cara untuk menghentikan permainan agar tidak terulang lagi di sekolah lain adalah agar setiap orang dari mereka mati. Kemudian, Nobuaki dipenggal dengan konyol, dan diakhiri dengan Riona menenggelamkan dirinya bersama mayat Nobuaki. Lalu scene terakhir, King’s game diperlihatkan kembali dengan permainan baru.  Tak heran anime ini masuk sebagai anime horror terburuk karena berakhir dengan cepat tanpa ada perkembangan plot dan karakternya!

4. Panty & Stocking with Garterbelt

ending anime mengecewakan
Anime ini memiliki gaya animasi yang berbeda dari anime khas Jepang lainnya (aminoapps.com)

Dari awal anime ini mengusung konsep yang aneh dan agak dewasa. Cerita berputar pada  tiga saudara perempuan Anarki, Panty dan Stocking, malaikat yang diusir dari Surga karena perilaku buruk mereka. Mereka berlindung di bawah asuhan pendeta Garterbelt, mereka ditugasi untuk mengubah pakaian dalam menjadi senjata untuk menghancurkan roh jahat. Di endingnya, Stocking mengeluarkan pedangnya dan memotong Panty menjadi 666 potong. Dia mengatakan bahwa dia telah menjadi iblis selama ini dan Brief itu sekarang harus mengumpulkan potongan Panty untuk menghidupkannya kembali. Dan kemudian anime berakhir begitu saja, tanpa musim kedua atau penjelasan apapun untuk endingnya. Sangat mengecewakan!

5. Bleach

ending bleach mengecewakan
Ending animenya diakhiri dengan terburu-buru menyisakan jalan cerita yang menggantung (honeysanime.com)

Bukan rahasia lagi bahwa Tite Kubo memiliki hubungan berbatu dengan editornya, Shonen Jump yang menginginkan Kubo untuk segera mengakhiri manganya. Tapi setelah tokoh antagonis utama Aizen dikalahkan, Kubo  terus memperkenalkan penjahat baru dengan beragam kekuatan yang konyol, menyisakan banyak karakter yang tidak berkembang. Sayang sekali, kita tidak akan pernah melihat Ichigo dengan ragam kekuatan Quincy-nya. Kubo yang memiliki masalah kesehatan, jadi harus  mengakhiri manga-nya dengan terburu-buru  dan menghasilkan alur cerita anime yang juga menggantung.