Share on

Makin banyak saja nih anime ber-genre isekai, anime di mana sang protagonis yang berasal dari dunia nyata mendadak dipanggil atau bereinkarnasi ke sebuah dunia fantasi dan diperintahkan untuk menyelamatkan dunia tersebut. Di Indonesia, anime isekai sangat populer, apalagi anime bergenre ini dipenuhi dengan karakter gadis cantik yang jadi favorit para otaku. Nah, tapi jika dipikir-pikir, anime isekai memiliki banyak hal yang gak masuk akal. Dan inilah 10 di antaranya.

Advertise With Us

10. (Hampir) Semua Protagonis Anime Isekai itu Laki-laki

anime isekai hal gak masuk akal japanesestation.com
Protagonis anime isekai (cbr.com)

Tidak ada syarat tertulis yang mengatur gender seorang protagonis anime isekai. Tapi, coba bandingkan deh, jumlah protagonis laki-laki dan protagonist perempuan dalam anime isekai. Jauh banget kan jumlahnya?

Bahkan, salah satu protagonist perempuan paling terkenal dalam anime isekai The Saga of Tanya the Evil, ternyata adalah seorang laki-laki yang “terperangkap” dalam tubuh seorang gadis kecil! Hingga kini, sepertinya belum ada alasan jelas mengapa protagonist anime isekai itu “harus” laki-laki? Apakah lebih menarik? Entahlah.

9. Dunia Fantasi Misterius?

anime isekai hal gak masuk akal japanesestation.com
Hero isekai (cbr.com)

Bayangkan kamu tiba-tiba terdampar di suatu dunia yang benar-benar “baru” yang tidak kamu kenal. Pasti pertanyaan pertama yang terlontar dari mulutmu adalah, “aku di mana?” kan? Nah, di sini anehnya! Di luar beberapa kerjaan dan negara itu, dunia di sekitarmu bahkan tak memiliki nama sekali. Mungkin memang inilah ciri beberapa anime isekai?  

Peta dunianya memang memiliki nama sih di beberapa lokasi tertentu, tapi dunianya secara luas tetap anonym. Bahkan, anime isekai populer seperti Re:Zero pun melakukannya!

8. Para Hero Tidak Peduli Pada Kehidupan yang Mereka Tinggalkan

Beberapa hero yang mendadak terbangun di isekai ini dipanggil secara paksa dari dunia asalnya ke dunia baru ini dan diberi perintah untuk menyelematkannya. Setelah itu, mereka akan berusaha memenuhi peran tersebut dan tidak peduli sama sekali pada kehidupan yang ditinggalkan.

Memang, beberapa protagonist isekai adalah seorang hikikomori yang tidak peduli dengan dunia sekitarnya. Tapi, apakah keluarga mereka tidak akan khawatir jika mereka tiba-tiba lenyap?

7. Harem

anime isekai hal gak masuk akal japanesestation.com
Harem (cbr.com)

Poin ini pasti sangat disadari para pecinta anime. Ya, protagonist anime bergenre isekai hampir selalu dikelilingi harem. Ia dipanggil ke dunia lain di mana ia betemu, menyelamatkan, atau membuat para gadis cantik dari dunia misterius itu terpesona dan jatuh cinta pada sang protagonist.

Gadis-gadis ini biasnya hanya terpesona dengan betapa kerennya (atau overpowered) “protagonis-kun." Selain itu, sepertinya tidak ada lagi alasan jelas yang membuat sang protagonis dikelilingi harem, mungkin hanya karena ia adalah karakter utama?

6. Hampir Semua Dunia dalam Anime Isekai Mirip

anime isekai hal gak masuk akal japanesestation.com
Dunia dalam anime isekai (cbr.com)

Hampir semua anime isekai berlatar di dunia fantasi yang dipenuhi dengan ksatria, mage, monster, dan hal-hal yang ajaib. Semuanya mirip! Bikin sulit untuk membedakannya nih.

5. Reinkarnasi

anime isekai hal gak masuk akal japanesestation.com
Reinkarnasi (cbr.com)

Sementara beberapa hero “dipanggil” ke isekai, beberapa hero lain malah harus meninggalkan kehidupan mereka. Ya, benar-benar meninggalkan kehidupan, alias tewas. Entah itu karena kecelakaan tragis atau mengorbankan dirinya secara sukarela, para hero isekai ini memulai petualangan mereka dengan bereinkarnasi ke tubuh baru.

Nah, terkdadang para hero ini bereinkarnasi menjadi diri mereka sendiri sebelum mati, menjadi anak-anak, atau malah menjadi mahluk lain yang bukan manusia. Cara para herobangkit kembali inilah yang sedikit aneh dan random.

4. “Dunia Ini Mirip Sekali dengan Game!”

anime isekai hal gak masuk akal japanesestation.com
Dunia seperti game (cbr.com)

Banyak anime isekai yang menyelipkan elemen video game ke dalam animenya, malah, ada juga yang memiliki latar dalam video game itu sendiri. Meski masih masuk akal, sangat aneh jika melihat dunia yang tidak memiliki latar video game sama sekali, malah memiliki “HP” atau "Level Up”.

Memang hal ini terlihat aneh, tapi masih bisa dimaafkan deh karena biasanya para hero anime isekai ini adalah seorang gamer di dunia asalnya, jadi lebih praktis!

3. Hero yang Overpowered

anime isekai hal gak masuk akal japanesestation.com
Hero overpowered (cbr.com)

Biasanya, protagonis dalam cerita fiksi harus berjuang perlahan melatih skill yang mereka miliki hingga tumbuh berkembang dan mampu melawan musuh. Dengan melihat perkembangan sang protagonis secara perlahan, terkadang sangat puas rasanya karena mereka meraih semua itu dengan kerja keras.

Tapi, di anime isekai, kebanyakan hero selalu overpowered. Tidak aneh jika memang ia adalah Ains dari anime Overlord, yang memang karakter dalam game dengan level yang tinggi dan stats yang tinggi pula. Namun, karakter protagonis yang “dipanggil” dengan reinkarnasi sedikit aneh kan jika ia tiba-tiba sangat kuat? Jika karakter si protagonis overpowered ini tidak digambarkan dengan baik, animenya bisa sangat membosankan!

2. Hero Isekai = Remaja/Pemuda Asal Jepang?

anime isekai hal gak masuk akal japanesestation.com
Hero isekai (cbr.com)

Sepertinya ada bias tertentu ya yang membuat karakter utama dalam anime isekai. Hampir semua protagonist dalam genre ini adalah seorang remaja atau pemuda Jepang yang hikikomori atau gamer dan tiba-tiba terpilih untuk berpetualang di isekai. Bosan kan?

1. Dunia Penuh Ksatria dan Sihir Ini Tidak Bisa Selamat tanpa Sang Hero

anime isekai hal gak masuk akal japanesestation.com
Anime isekai (cbr.com)

Para hero selalu dipanggil ke isekai dan diberi tugas untuk menyelamatkan dunia itu dari penjahat yang ingin menguasai dunia. Nah, bukankah isekai selalu dipenuhi dengan ksatria dan sihir? Mengapa mereka tidak bisa menyelamatkan diri sendiri? Mengapa harus memilih orang random dari dunia lain?

Itulah 10 hal gak masuk akal di anime isekai. Apa kamu punya pendapat lain? Tulis di kolom komentar ya!