SHARE THIS ARTICLE

Acara akad nikah adalah bagian terpenting dalam sebuah pernikahan. Di saat inilah mempelai laki-laki dan perempuan mengucapkan janji pernikahan. Di setiap negara di dunia pasti memiliki acara akad nikah ini namun dengan cara yang berbeda-beda.

acara-akad-nikah-di-jepang

Dikutip dari japan-guide.com, acara akad nikah di Jepang dilaksanakan dengan mengikuti gaya Shinto di sebuah kuil. Dewasa ini, menyelenggarakan akad nikah di hotel pun tidak masalah, asalkan terdapat kuil di dalam hotel tersebut.

Kedua mempelai wajib menggunakan pakaian tradisional Jepang, yaitu kimono. Uniknya lagi, acara akad nikah ini hanya boleh dihadiri oleh kerabat terdekat saja Ladies.

Dalam upacara tersebut, mempelai laki-laki dan perempuan harus disucikan oleh pendeta dan meminum sake sebanyak tiga kali. Dan diikuti oleh keluarga yang hadir. Hal ini menandakan bahwa mereka terikat satu sama lain di acara akad nikah ini dan menjadi lambang bersatunya dua keluarga di dalam sebuah pernikahan.

Selanjutnya, mempelai laki-laki harus mengucapkan janji pernikahan. Kemudian dengan diiringi nyanyian dan doa yang indah, kedua mempelai mempersembahkan hadiah kepada ”kami”, sebutan untuk para dewa Shinto di Jepang. Ritual ini menjadi akhir dari acara akad nikah tradisional di Jepang.

Setelah acara akad nikah selesai, kedua mempelai boleh menyambut tamu-tamunya dan resepsi pun dilakukan. Nah, bagaimana? Acara akad nikah versi Jepang ini sangat unik dan menjaga kesakralan pernikahan bukan?

Source : vemale.com
COMMENT