SHARE THIS ARTICLE

Memasuki pertengahan bulan Juli, cuaca di Jepang semakin hangat dan panas, inilah saatnya untuk menikmati liburan musim panas yang menyenangkan. Para pelajar biasanya akan senang karena mereka memasuki waktu natsu-yasumi, atau liburan musim panas yang biasanya berlangsung sampai akhir bulan Agustus.

Dimulai dari pagi hingga penghujung hari sekalipun, ada satu bagian budaya Jepang yang tak bisa dilewatkan selama musim ini yaitu festival. Dari festival tradisi kuno sampai modern, membuktikan kecintaan penduduk setempat terhadap sebuah pertemuan meriah melalui berbagai acara yang jumlahnya tak terhitung selama musim panas.

1. Matsuri

Matsuri diadakan di seluruh Jepang, dan selama musim panas banyak masyarakat berkumpul di lingkungan mereka untuk menikmati permainan dan jajanan khas yang berbaris di festival dengan mengunakan pakaian tradisional yukata. Jika kalian tengah berada di Jepang, ini adalah satu cara yang bisa kalian lakukan untuk merasakan budaya lokal yang kaya sambil  mencicipi makan dan memakai yukata.

Di wilayah Tohoku, Jepang ada tiga matsuri yang paling populer yaitu, Festival Nebuta di prefektur Aomori, Festival Kanto di Akita dan Festival Tanabata di Sendai. Detail dan tanggal matsuri tersebut bisa kalian cek di sini.

2. Festival Kembang Api

Festival kembang api yang dikenal sebagai hanabi taikai di Jepang, termasuk di antara acara paling ramai yang berlangsung selama musim panas. Ribuan orang berkumpul di taman atau tepi sungai untuk menyaksikan kembang api, mereka biasanya datang dengan menggunakan yukata tradisional. Pesta kembang api yang paling terkenal adalah Sumida River Fireworks, salah satu kembang api tertua yang menampilkan 22.000 kembang api di sepanjang sungai Sumida, Tokyo.

Selain di sekitar sungai sumida, inilah daftar lokasi festival kembang api yang ada di sekitar Tokyo.

3. Festival Musik

Dari musik rock, EDM hingga jazz, di musim panas para penggemar musik memiliki tempat yang tepat untuk mengeluarkan keringat saat band favorit mereka tampil. Festival rock seperti, Summer Sonic atau Fuji Rock Festival selalu jadi tujuan utama untuk dikunjungi para penggemar musik beraliran keras. Namun, penggemar idol juga memiliki surga musim panas sendiri di acara Tokyo Idol Festival, festival ini menampilkan banyak sekali idol group selama tiga hari berturut-turut.

Cek daftar festival musik musim panas yang berlangsung di Jepang tahun ini. Jadi, Festival seperti apa yang akan kalian kunjungi di Jepang?

Source : tokyogirlsupdate.com
COMMENT