SHARE THIS ARTICLE

Wow! Kini telah hadir papan seluncur yang dapat mengambang tanpa roda! (1)Kalau kalian pernah menonton film Back to the Future, pasti kalian pernah melihat karakter utamanya, Marty McFly yang datang ke masa depan dari tahun 1980-an dan mengendarai papan seluncur yang dapat mengambang tanpa roda. Nah, kini papan seluncur tersebut tidak hanya kita lihat dalam film saja, tapi telah hadir di dunia nyata! Lexus, produsen mobil mewah asal Jepang telah meluncurkan sebuah video yang menunjukkan bagaimana hoverboard tersebut beraksi.

Seperti dikutip dari japantrends.com, hoverboard yang Lexus menyebutnya sebagai Slide tersebut terbuat dari bambu alami dengan casing ultra-ringan. Cara kerja dari papan seluncur seberat 11,5kg ini menggunakan teknologi maglev yang diintegrasikan ke papan seluncur tersebut bersama dengan superkonduktor, magnet, dan nitrogen cair. Hoverboard ini dibuat dari inti yang terisolasi, yang berisi HTSLs (high temperature superconducting blocks/blok superkonduktor bersuhu tinggi) yang ditempatkan dalam cryostats – nitrogen cair yang mendinginkan superkonduktor hingga suhu minus 197 °C.

Wow! Kini telah hadir papan seluncur yang dapat mengambang tanpa roda! (3) Wow! Kini telah hadir papan seluncur yang dapat mengambang tanpa roda! (2) Wow! Kini telah hadir papan seluncur yang dapat mengambang tanpa roda! (4)Papan seluncur ini kemudian ditempatkan di atas jalur yang mengandung magnet permanen. Ketika papan ini didinginkan hingga suhu tersebut, jalur magnetik dari lintasan itu akan menjaga ketinggian dari papan yang melayang tersebut.

Papan seluncur ini telah diuji di sebuah skatepark termasuk di atas air di Spanyol. Walau belum “sempurna” dan sering memerlukan isi ulang nitrogen cair, namun beberapa waktu di masa yang akan datang papan seluncur ini bisa menjadi alat transportasi yang praktis. Kita tunggu saja!

Source : japantrends.com

COMMENT