SHARE THIS ARTICLE
hotelmonterey.co.jp
hotelmonterey.co.jp

Saat musim semi di Jepang, bunga-bunga sakura mulai bermekaran dan menciptakan panorama yang indah dan menakjubkan di setiap jalan. Warnanya yang mulai dari putih hingga pink membuat siapa saja yang melihatnya akan betah untuk memandanginya berlama-lama.

Namun tak hanya untuk konsumsi mata, bunga sakura juga menjadi bahan makanan bagi beberapa jenis makanan di Jepang. Untuk mendapatkan bunga dan daun sakura sebagai bahan makanan juga sangat mudah karena dijual di supermarket-supermarket. Berikut adalah makanan-makanan yang terbuat dari bunga sakura.

1. Sakura Mochi

Image source: lettucecook.wordpress.com
Image source: lettucecook.wordpress.com

Mochi adalah kue beras khas Jepang yang kenyal dan lengket. Dengan menambahkan bunga sakura sebagai bahan membuatnya, menjadikan mochi ini berwarna pink cantik dengan isian pasta kacang. Dibungkus dengan daun sakura, mochi ini menjadi menarik dan tak sabar untuk memakannya. Mochi sakura juga berbeda untuk setiap daerahnya, misalnya di Tokyo menggunakan tepung beras sedangkan di Kansai menggunakan tepung beras gluten.

2. Sakura Daifuku

Image source: cookcheck.livedoor.biz
Image source: cookcheck.livedoor.biz

Tak terlalu berbeda dengan mochi, daifuku juga merupkan salah satu kue beras khas Jepang. Dengan isian anko atau pasta kacang merah dari kacang azuki, daifuku berukuran lebih besar dari mochi dan isiannya bisa dikombinasikan dengan buah-buahan. Daifuku umumnya berwarna putih atau hijau pucat. Namun dengan bunga sakura, daifuku akan memiliki warna merah meda.

3. Sakura Kuzumochi

Image source: 12seasonofjapan.blogspot.com
Image source: 12seasonofjapan.blogspot.com

Terbuat dari jeli Jepang kuzu, gula dan air, kuzumochi umumnya menjadi camilan saat musim panas dengan siraman sirup manis atau eskrim, namun gula merah adalah saus kuzumochi yang paling tradisional. Dengan tambahan bunga sakura berwarna pink akan menjadikan kuzumochi yang biasanya berwarna putih menjadi merah muda.

4. Hanami Dango

Image source: artopiasm.devianart.com
Image source: artopiasm.devianart.com

Hanami dango adalah hidangan penutup berupa tiga bola-bola yang terbuat dari tepung beras. Ketiga bola-bola tersebut memiliki rasa yang berbeda, yang berwarna putih tidak memiliki rasa, hijau memiliki rasa matcha atau yomogi, dan yang pink memiliki rasa bunga sakura.

5. Sakurayu dan Teh Sakura

Image source: satoshi-hotaru.devianart.com
Image source: satoshi-hotaru.devianart.com

Menyeduh bunga sakura dalam air panas adalah salah satu cara mencicipi rasa bunga sakura secara langsung tanpa harus mengolah menjadi bahan makanan yang diolah. Bebeda dengan sakurayu, bunga sakura yang digunakan untuk membuat teh sakura sudah dikeringkan seperti sencha.

6. Sakura wagashi

Image source: stay.com
Image source: stay.com

Wagashi adalah istilah umum yang digunakan untuk menyebut makanan penutup di Jepang. Wagashi umumnya disajikan berdasarkan musim dan saat musim semi, restoran-restoran, kuil, dan kedai teh di Jepang akan menyajikan sakura wagashi.

Source : dreamersradio.com
COMMENT