SHARE THIS ARTICLE
Aktris dan penggemar "Evangelion" Natsuki Kato, kiri, memegang replika dari "Tombak Longinus" pada konferensi pers di Tokyo pada tanggal 30 Januari. Di sebelah kanan foto adalah astronot Naoko Yamazaki. Tampil di depan mereka adalah rover bulan dari Hakuto. (Yoichi Yonetani)
Aktris dan penggemar “Evangelion” Natsuki Kato, kiri, memegang replika dari “Tombak Longinus” pada konferensi pers di Tokyo pada tanggal 30 Januari. Di sebelah kanan foto adalah astronot Naoko Yamazaki. Tampil di depan mereka adalah rover bulan dari Hakuto. (Yoichi Yonetani)

Perayaan yang “keluar dari dunia ini” telah direncanakan untuk menandai 20 tahun sejak serial anime post-apocalyptic Evangelion” yang telah diakui secara global pertama kali ditayangkan.

Perusahaan yang mengelola hak-hak lisensi serial anime ini menyelenggarakan kampanye penggalangan dana 100 juta yen ($ 850.700) untuk menanam “Tombak Longinus” yang terkenal dari anime tersebut di bulan.

Jika berhasil, proyek ini akan menjadi reproduksi nyata dari adegan ikonik dari “Evangelion.”

Sebuah adegan dari "Evangelion" yang menampilkan Tombak Longinus menancap di bulan. ((C)Khara/ EVA production committee)
Sebuah adegan dari “Evangelion” yang menampilkan Tombak Longinus menancap di bulan. ((C)Khara/ EVA production committee)

Perkembangan teknologi dalam beberapa tahun terakhir telah membuat ruang angkasa kosmik dapat diakses untuk orang-orang biasa,” kata astronot Naoko Yamazaki saat konferensi pers tanggal 30 Januari. “Mudah-mudahan, seseorang dari generasi masa depan akan mendapatkan kembali (tombak) tersebut dari bulan suatu hari nanti.”

Jika semua berjalan sesuai rencana, tombak sepanjang 240 milimeter, dengan model 1: 400 akan pergi ke luar angkasa pada akhir tahun depan.

Hakuto, sebuah tim dari Jepang yang mengembangkan rover bulan tak berawak untuk kompetisi jutaan dolar Google Lunar XPRIZE yang disponsori oleh Google Inc., akan bekerja sama dalam proyek ini.

Sebuah perangkat penembak tombak akan dilekatkan pada rover bulan tersebut, yang akan menempelkan senjata paduan titanium itu ke dalam permukaan bulan dengan remote control dari Bumi. Operasi penanaman tombak ini akan disiarkan secara langsung.

Pihak penyelenggara berencana untuk menngumpulkan 100 juta yen melalui layanan cloud funding secara online dari Readyfor (https://readyfor.jp/projects/evangelion) para tanggal 5 April. Sebagian besar dana tersebut akan digunakan untuk menutupi biaya untuk peluncurannya.

Source : ajw.asahi.com
COMMENT