SHARE THIS ARTICLE

Kota ini terkenal dengan kemajuan teknologinya yang canggih, serta manajemen publiknya yang baik. Selain itu kota ini juga terkenal dengan sistem ekonominya yang baik, dan anak-anak mudanya yang berbakat.

tokyo-smart

Kota yang mendapat predikat sebagai kota terpintar di dunia adalah kota Tokyo di Jepang. Selama ini, Jepang memang terkenal dengan kemajuannya dalam bidang teknologi. Sehingga tidak mengherankan jika Tokyo mendapat predikat sebagai kota terpintar di dunia versi IESE Graduate Business School di Universitas Navarra. Tak tanggung-tanggung, predikat ini mampu dipertahankan Tokyo selama tiga kali berturut-turut.

Dikutip dari Property Report, Jumat (13/4/2014) IESE melakukan survei terhadap 135 kota di 55 negara di dunia. Dengan mengukur 50 indikator di 10 kategori, kota-kota ini juga dinilai dari segi kemampuan kota untuk beradaptasi dengan perubahan sosio politik dan lingkungan. Dari survei tersebut didapat 20 kota terpintar di dunia.

Di posisi kedua disusul oleh New York di Amerika Serikat. Kota ini juga berhasil mempertahankan prestasinya selama tiga tahun berturut-turut. Di posisi ketiga ada Zurich, kemudian Paris dan Geneva. Selanjutnya diikuti oleh kota Besel, Osaka, Seoul dan di posisi terakhir ditempati oleh Oslo.

Yang mengejutkan adalah kota Barcelona. Meski tidak masuk dalam 20 besar, peringkat kota ini melejit dari peringkat ke 63 ke 51 kota pintar. Hal ini terjadi seiring membaiknya kualitas hidup di kota tersebut.

Namun dalam survei tersebut tidak ditemukan satupun kota di Indonesia. Hanya terdapat Kuala Lumpur, Bangkok dan Beijing yang terlihat semakin bersaing dalam beberapa tahun terakhir.

Source : property.okezone.com
COMMENT