SHARE THIS ARTICLE

Akhir pekan yang lalu, yaitu pada tanggal 3 hingga 4 September 2016, telah digelar ajang Toys & Games Republic Mark VI yang bertempat di Trans Studio Mall, Bandung. Sesuai namanya, selain berisi banyak mainan keren dan permainan yang seru, acara ini juga menghadirkan kompetisi cosplay dengan mengundang para bintang tamu yaitu JS Navigator Lidya, JS Navigator Chika, Rangga Kanchiel, dan Konnichi Kurenai.

TGR MARK VI (10)
Konnichi Kurenai, JS Navigator Chika, dan Rangga Kanchiel

Begitu memasuki lokasi acara, para pengunjung akan menemukan banyak sekali mainan dan game seperti action figure, diecast, Gundam, Lego, Tamiya, buku-buku, doujin, fanart, serta merchandise dan apparel bertema komik dan anime, juga ada beberapa booth yang mengajak para pengunjungnya untuk merasakan pengalaman menggunakan virtual reality. Selain itu juga ada pemutaran film, talkshow dan penampilan dari beberapa pelaku industri dan komunitas lokal.

TGR MARK VI (4)

TGR MARK VI (1)

TGR MARK VI (2)

TGR MARK VI (3)

TGR MARK VI (5)

TGR MARK VI (6)
Sementara itu di booth Japanese Station para pengunjung TGR x Japanese Station Cosplay Competition juga bisa mendapatkan berbagai merchandise dan tentunya bertemu secara langsung dan foto bersama dengan JS Navigator Lidya di hari pertama acara dan JS Navigator Chika di hari kedua.

TGR MARK VI (7)
Di panggung utama, acara Toys & Games Republic Mark VI dibuka oleh MC Akmal dan Augi yang memperkenalkan konten dan para pengisi acara. Di sela-sela acara, mereka berdua mengajak para pengunjung untuk ikut serta dalam beraneka game dan kuis yang unik dan seru, di antaranya game yang dikemas seperti Family Feud/Family 100 dan Who Wants to be A Millionaire, dengan berisi pertanyaan seputar game, komik, dan anime.

TGR MARK VI (9)
Pada hari Sabtu pukul 15.00, segmen acara penyisihan TGR x Japanese Station Cosplay Competition pun dimulai dengan menampilkan puluhan peserta cosplay. Satu demi satu, para peserta beraksi di atas panggung mengenakan kostum andalan mereka dari berbagai kategori yang diperlombakan seperti anime, game, tokusatsu, movie, dan fashion Jepang. Setelah para juri yang terdiri dari Rangga Kanchiel, JS Navi Lidya, dan Konnichi Kurenai menilai penampilan para peserta cosplay, akhirnya terpilih 11 finalis yang lolos ke babak final yang digelar keesokan harinya.

TGR MARK VI (12)

TGR MARK VI (13)

Di hari Minggu, ke-11 finalis kembali beraksi di hadapan para pengunjung acara dan juri yang terdiri dari Rangga Kanchiel, JS Navi Chika, dan Konnichi Kurenai. Di antara para cosplayer finalis tersebut ada yang menggunakan kostum dan aksi yang sama seperti sebelumnya, ada juga yang berbeda. Bahkan beberapa di antara mereka menampilkan aksi fantastis seperti melompat, bersalto, hingga menggunakan alat peraga tambahan untuk menunjang aksinya yang mengundang sorak sorai dan tepuk tangan dari para pengunjung.

TGR MARK VI (14)
TGR MARK VI (11)
Sambil menunggu pengumuman pemenang, kedua juri cosplay yaitu Rangga Kanchiel dan Konnichi Kurenai mengadakan talkshow yang menceritakan kisah dan pengalaman mereka dalam dunia cosplay serta memberikan tips untuk para cosplayer lainnya. Sedangkan JS Navi Chika tampil membawakan lagu berjudul “Tenshi ni Fureta yo” dari anime K-ON dan lagu “Eyes on Me” dari game Final Fantasy VIII.

TGR MARK VI (16)

Akhirnya di penghujung acara, setelah menilai, para juri pun memutuskan para pemenang dari TGR x Japanese Station Cosplay Competition. Juara pertamanya yang mendapatkan hadiah berupa uang senilai Rp. 1.500.000 dimenangkan oleh Seno Adijaya dengan kostum Draugr Deathlord, sedangkan juara kedua yang memperoleh uang senilai Rp. 1.000.000 diraih oleh Adel dengan kostum Aiolia, dan juara ketiga yang diganjar hadiah berupa uang sebesar Rp. 750.000 diraih oleh Sansan dengan kostum Scorpio Milo.

TGR MARK VI (17)
Selamat kepada para pemenang dan sampai jumpa di acara berikutnya!

TGR MARK VI (8)
(Photos by Wawa Wardhana)

COMMENT