SHARE THIS ARTICLE

Sushi, Belum Tentu Menyehatkan! Pilih dengan Cermat!Jangan tertipu dengan makanan khas negeri sakura ini. Mungkin terlihat kecil dan sehat namun belum banyak yang tahu berapa kalori yang terkandung pada satu gulung sushi. Berikut beberapa sushi yang baik dan mengandung rendah kalori seperti dikutip dari allwomenstalk.

California Roll merupakan gulungan sushi rendah kalori yakni 255 kalori dan 7 gram lemak serta mengandung omega 3 dan lemak sehat yang terkandung dari irisan mentimun, kepiting dan alpukat. Sushi pelangi yang sarat akan ikan mentah ini mengandung jumlah kalori yang tinggi namun kaya akan manfaat gizi karena tinggi akan protein.

Avocado Roll mengandung 140 kalori dan 5.5 gram lemak tiap gulungnya, telah diketahui alpukat dapat menurunkan kolesterol. Gulungan vegetarian ini mengandung lemak tak jenuh dan 3 gram serat yang bagus untuk sistem pencernaan.

Spicy Tuna Gulung sebaiknya mengganti mayonaise dengan wasabi sebagai sausnya. Gulungan sushi ini mengandung 290 kalori dan 11 gram lemak. Lebih baik lagi jika menggunakan rempah-rempah alami untuk sensasi rasa pedasnya karena akan membantu menurunkan kandungan kalori sebanyak 100 kalori.

Cucumber Roll terdiri 136 kalori dan tidak mengandung lemak sama sekali. Mengonsumsi mentimun baik untuk kesehatan kulit, rambut dan kuku karena mengandung Silika. Silika ialah mineral yang termasuk salah satu elemen dalam pembentukan, mempertahankan kolagen yang memadai dan mungkin mengalami kulit kering, pergeseran atau pembuluh darah, masalah pencernaan, gigi dan gusi yang lemah, membuang atau menurunkan ukuran organ atau jaringan.

Salmon and Avocado Roll baik untuk jantung karena mengandung lemak sehat. Biarpun sushi ini mengandung kalori yang tinggi yakni 304 kalori dan 9 gram lemak namun ini pilihan yang sehat. Gulungan sushi ini terdiri dari banyak vitamin di antaranya vitamin B6, Vitamin E, dan C selain itu terdapat juga potasium, folat, iacin, dan biotin semuanya baik untuk kesehatan.

Gulungan sushi berisikan ikan mackarel kaya akan omega 3 serta selenium, mineral yang dapat membantu melindungi diri dari kanker. Ikan putih seperti ini memang baik, tetapi tetap harus waspada karena ada beberapa ikan putih yang sudah tercemar bahan merkuri sebaiknya ketahui lebih detail restoran sushi yang dipilih apakah semua bahannya aman atau tidak.

Untuk menikmati sushi sebaiknya hindari yang terlalu pedas, tempura, terlalu renyah, mayonaise atau krim keju karena itu semua yang memperburuk jumlah kalori. Lebih baik lagi jika beras yang digunakan untuk membuat sushi berasal dari beras merah. Ini sangat mendukung seseorang yang sedang menjalankan program diet.

Source : health.liputan6.com
COMMENT