SHARE THIS ARTICLE

re:ON Comics Convention/re:CON sukses terselenggara dengan meriah untuk yang pertama kalinya di Margo City Depok tanggal 25 – 26 April 2015.

Gerbang depan pintu masuk re:CON
Gerbang depan pintu masuk re:CON
Karakter komik re:ON - Reon dan Lay Lay Cat
Karakter komik re:ON – Reon dan Lay Lay Cat

============================

re:ON Comics Convention (re:CON) adalah event pop culture yang memamerkan komik, cosplayer, talk show, live drawing, workshop komik, dan merchandise resmi dari berbagai karya cipta intelektual (IPs) yang dikelola oleh re:ON Comics.

Pengunjung akan mendapat menikmati salah satu event pop culture yang dikelola secara profesional dan disesuaikan untuk anak muda. Sedangkan penggemar re:ON Comics dapat memenuhi keinginan mereka untuk bertemu dengan komikus kesukaan mereka dan cosplayer resminya secara langsung.

re:CON adalah event yang dilaksanakan selama 3 hari dengan potensi lebih dari 100.000 pengunjung dan diadakan di atrium Margo City Depok. re:CON diorganisir oleh re:ON Comics & Caravan Studio (salah satu studio ilustrasi yang terbesar dan terkenal di Asia Tenggara).

04 RECON 05 RECON

Jeanice Ang ( MC ) - Cyborg Idol Rinka
Jeanice Ang ( MC ) – Cyborg Idol Rinka

=============================

PT. Wahana Inspirasi Nusantara adalah salah satu penerbit di Indonesia yang khusus memproduksi komik dan novel bergambar. Produk andalan mereka, re:ON Comics, adalah majalah kompilasi komik Indonesia yang dikelola secara profesional. re:ON Comics menampilkan berbagai judul yang diciptakan oleh komikus lokal.

re:ON Comics didirikan pada awal tahun 2013 oleh 3 orang pendiri dengan latar belakang yang substansial di bidang produksi komik, desain konsep dan ilustrasi, penulisan naskah, dan desain mainan & packaging.

Sebanyak 10.000 eksemplar volume pertama re:ON Comics diterbitkan pada bulan 3 Juli 2013 dan sampai sekarang telah menarik lebih dari 200.000 penggemar di berbagai media sosial seperti facebook dan twitter.

Sekarang, sirkulasi per volume re:ON Comics adalah 17.000 eksemplar dengan saluran distribusi ke Gramedia dan toko buku Gunung Agung di seluruh Indonesia. Saluran distribusinya dilengkapi dengan penjualan di gerai-gerai Indomaret. Pembaca utamanya adalah laki-laki dan perempuan dengan kisaran umur antara 13 sampai 17 tahun, sementara pembaca sekundernya adalah orang dewasa dengan kisaran umur 18 sampai 24 tahun.

Comic Artist Kristoforus Marvino (Cyborg Idol Rinka) & C. Suryo Laksono (TAWUR)
Comic Artist Kristoforus Marvino (Cyborg Idol Rinka) & C. Suryo Laksono (TAWUR)
Jeanice Ang (Cyborg Idol Rinka) & Kristoforus Marvino (Comic Artist)
Jeanice Ang (Cyborg Idol Rinka) & Kristoforus Marvino (Comic Artist)

=============================

Inilah nama-nama pengarang berbagai judul komik/comic artist re:ON yang dapat dijumpai di event re:CON;
Is Yuniarto pengarang “Grand Legend Ramayana“, Ockto Baringbing dan Ino Septian pengarang “Galauman“, C. Suryo Laksono pengarang “Tawur“, Angie dan Kate Yan pengarang “Journal of Platina Parlour“, Andik Prayogo dan Sheila Rooswitha pengarang “Lay Lay Cat“, Annisa Nisfihani pengarang “Big Slacker Baby“,
Kristoforus Marvino, Hendry Iwagana & Kaari Karina pengarang “Hyper Fusion Cyborg Idol Rinka“, Shu Eirin pengarang “Bachelor’s Brotherhood” dan terakhir Maximillian Fansyuri dan Dini Marlina pengarang “Math

09 RECON10 RECON=============================

Event re:CON ini dimeriahkan juga dengan kehadiran Liui Aquino bintang tamu cosplayer asal Filipina yang terkenal dengan cosplaynya sebagai Hiccup dari film DreamWorks Animation ternama, How To Train Your Dragon 2.

Liui Aquino (Reno) & Freya (Shinta)
Liui Aquino (Reno) & Freya (Shinta)

Liui di hari pertama bercosplay sebagai Laks, karakter komik re:ON berjudul The Grand Legend Ramayana, dan di hari kedua sebagai Reno saudara laki-laki (kakak pertama) Reon dan Reyna.

Liui sangat ramah dan bersahabat, sering tersenyum, senang menyapa para Reonites, pengunjung dan penggemar yang datang di event re:CON. Liui juga suka berfoto selfie hingga membawa tongsis sendiri.

Liui mengakui bahwa Reno adalah karakter yang dia sukai di komik Re:ON yang cocok dengan karakter Liui yang lucu dan bersahabat juga bisa menjadikan para Reonites/penggemarnya sebagai teman-temannya.

Selain Liui Aquino, ada banyak lagi kehadiran cosplayer Indonesia yang terkenal dan berbakat di event re:CON, mereka adalah Pinky Lu Xun yang bercosplay menjadi Lay Lay Cat versi manusia, Clarissa Punipun yang bercosplay menjadi Oren versi manusia, Jeanice Ang yang bercosplay menjadi Cyborg Idol Rinka dan sebagai MC/pembawa acara re:CON, Freya yang bercosplay sebagai Shinta dengan senjatanya yang besar, Franzeska Edelyn yang bercosplay menjadi Reon sang adik dan Matcha Mei yang bercosplay menjadi Reyna sang kakak.

12 RECONOckto Baringbing (Comic Artist) bercosplay GalauMan

Ockto Baringbing (Comic Artist) bercosplay GalauMan

Lalu ada Ockto Baringbing yang bercosplay sebagai GalauMan, Jeunifer Nia dan Bianka yang bercosplay sebagai Christa dan Gracia. lalu ada cosplayer dari karakter komik Tawur, dan banyak lagi cosplayer lainnya yang berdatangan meramaikan event re:CON 2015.

Cosplayer komik "Tawur"
Cosplayer komik “Tawur”
Jeunifer Nia (JSNaviNia) & Bianka bercosplay sebagai Christa dan Gracia
Jeunifer Nia (JSNaviNia) & Bianka bercosplay sebagai Christa dan Gracia

=============================

Keseruan di hari pertama re:CON dimeriahkan dengan Comic Artist Duel, Launching re:ON Vol 13, Launching Tankobon, Performance by Reon (Edelyn), Cosplay Competition, Live Drawing re:ON Comic Artist, Singing Idol by Rachel, Talkshow Komikus Me VS Big Slacker Baby & Galauman, dan lain-lain.

Di hari kedua re:CON ada Talkshow komikus Rinka dan Tawur, yang dilanjutkan dengan perkenalan re:ON & Cosplayer.
Apa sih re:ON Comics itu? re:ON Comics adalah kompilasi komik karya anak bangsa yang terdiri dari 6 judul komik remaja dalam berbagai genre berbentuk mook (magazine-book) yang terbit setiap 6 minggu sekali.

Franzeska Edelyn/Reon sing performance, "Sahabat," theme song re:ON comics
Franzeska Edelyn/Reon sing performance, “Sahabat,” theme song re:ON comics

29 RECONSelain itu ada performance by Reon (Franzeska Edelyn) yang menyanyikan lagu berjudul “Sahabat” ciptaan Pak Agus yang merupakan theme song re:ON comics yang akan segera rilis. Inilah sedikit lirik lagunya pada bagian Reff.

Kau adalah sahabat, Nyalakanlah mimpimu.. / Kau adalah sahabat, Tersenyumlah genggam tanganku../
Kau adalah sahabat, Engkaulah matahari yang terangi saat aku tak terang..

14 RECON15 RECON16 RECON17 RECONAcara lalu dilanjutkan dengan Meet & Greet with Liui, banyak sekali Reonites/pengunjung yang antri untuk bertemu Liui (Reno) untuk berfoto, tanda tangan, bersalaman, dan lain-lainnya..

Liui Aquino sebagai Reno
Liui Aquino sebagai Reno

Event re:CON menjadikan Margo City Depok semakin ramai oleh pengunjung dengan tata panggung dan di sekitar lokasi event tersebut terlihatseperti dunia khayalan/imajinasi yang berwarna. Di sekitar booth terdapat papan/box strip komik Reon mencari Oren, lalu papan untuk live drawing comic artist, papan sejarah perjalanan aktifitas re:ON comics.

Juga ada panggung besar dengan gambar karakter komik re:ON, dikelilingi dengan penjualan buku komik re:ON, merchandise official berupa gantungan kunci, poster, kaos, dan lain-lain. Di langit-langit atas terdapat awan-awan dan balon udara yang terbuat dari styrofoam yang digantung terlihat terbang.. Sangat kreatif!

11 RECON24 RECON22 RECONDi luar area sekitar terdapat booth-booth penjualan produk-produk sponsor event re-CON. Saat hari kedua cosplayer Lay-Lay Cat, Oren, Reon, dan Reyna berkeliling mempromosikan video produk-produk tersebut dan dijaga oleh tim COPS (COsplay Protection & Security) dengan aman, lancar, dan terkendali hingga selesai.

Clarissa Punipun sebagai Oren dan Pinky Lu Xun sebagai Lay Lay Cat
Clarissa Punipun sebagai Oren dan Pinky Lu Xun sebagai Lay Lay Cat
Matcha Mei sebagai Reyna dan Franzeska Edelyn sebagai Reon
Matcha Mei sebagai Reyna dan Franzeska Edelyn sebagai Reon

=============================

Acara ditutup dengan berfoto bersama, semua tim re:ON yang hadir dan terlibat di event re:CON berkumpul semua di panggung dengan ceria.

31 RECON - FINALMau tahu bagaimana serunya acara event re:CON di Margo City Depok yang diorganisir oleh re:ON Comics & Caravan Studio? Yuk kita simak videonya di sini!

Inilah pesan dari FaceBook re:ON comics setelah selesai event re:CON;

Segenap jajaran redaksi, komikus, cosplay, & staf re:ON Comics mengucapkan terimakasih yang sebesar2nya buat semua Reonites yang sudah datang ke Re:CON. Antusiasme kalian sungguh luar biasa! Special thanks juga kami sampaikan pada para sponsor yang telah mendukung kelancaran event perdana re:ON ini. Moga2 tahun depan kita bisa bertemu lagi di re:CON 2016“.

Mohon maaf untuk segala kekurangan yang ada & semua masukan kalian pastinya kami perhatikan. Mari kita re:ON-kan komik Indonesia!!” \^^/

=============================

Selamat untuk semua tim re:ON dan terselenggaranya re:CON 2015 dengan sukses!!
Sampai ketemu lagi Liui Aquino (Reno) – Terima kasih banyak, baca komik re:ON dan maju terus komik Indonesia!!

Sampai jumpa lagi di event berikutnya!

Yudhanegara Njoman - re:ON comics founder
Yudhanegara Njoman – re:ON comics founder

=============================

Liputan oleh: Fredy (@fredyfinal) – JapaneseStation.com
Video Liputan Re:CON – segera hadir

Sumber oleh Press Release re:CON dan informasi lebih lanjut bisa ditemukan di:

https://www.facebook.com/reoncomics

https://www.facebook.com/reonconvention

https://twitter.com/reoncomics

www.reoncomics.com

COMMENT