SHARE THIS ARTICLE

Ada banyak ilusi optik yang bisa membuat kita merasa kagum sekaligus bingung dan bertanya-tanya karena objek yang kita lihat ternyata tidak sesuai seperti seharusnya. Ilusi optik sendiri adalah fenomena yang lazim karena ketidaksinkronan antara mata dan otak, yang dapat menipu mata kita melalui gambar dan benda yang memang sengaja dibuat untuk itu. Di antara banyaknya ilusi optik, ada seorang profesor dari Jepang bernama Kokichi Sugihara yang telah menciptakan benda-benda yang dapat mengelabui pikiran kita.

Dilansir dari berbagai sumber, awalnya benda-benda ciptaan profesor dari Jepang ini terlihat seperti benda-benda biasa yang seharusnya bergerak atau berpindah ke arah tempat seharusnya dengan menggunakan magnet dan tali kawat transparan. Namun setelah sudut pandang dari benda-benda itu digeser, maka kalian akan melihat bagaimana bentuk dari benda-benda itu yang sebenarnya. Awas, perhatikan baik-baik! Uji mata kalian, jangan sampai salah fokus ya!

Sugihara sendiri pernah menciptakan program komputer pada tahun 1980, yang dapat menggambar suatu bentuk dan memunculkan obyek tiga dimensi yang terlihat seperti obyek pada gambar tersebut namun dari sudut yang berbeda. Ia lalu menciptakan lebih dari 100 benda ilusi optik hingga 36 tahun kemudian. Di tahun 2010, profesor dari Jepang ahli matematika ini pernah memenangkan Best Illusion of the Year Contest, dan pada tahun 2016 ia menjadi juara kedua.

Sources :
COMMENT