Seorang Seniman Jepang Menjelaskan Buta Arah Menggunakan Komik


buta arah
(Featured image: twitter.com/yuuya_ponta/status/849859)

Buta arah adalah kata yang digunakan untuk menggambarkan seseorang yang mengalami kesulitan dalam mengingat atau menggambarkan arah sekelilingnya. Buta arah dalam bahasa Jepang disebut Hoko Onchi. Salah satu seniman Jepang yang kebetulan juga adalah seorang yang buta arah, dengan username @yuuya_ponta menggunakan gambar ilustrasi buatannya untuk menggambarkan perbedaan proses dalam otak yang dialami oleh orang yang buta arah dan orang yang tidak.


Dalam gambar di atas, pada panel pertama digambarkan seorang yang tidak buta arah berdiri di depan sebuah supermarket. Di bawahnya digambarkan isi otak orang tersebut, di mana menurut @yuuya_ponta, orang-orang ini memiliki kompas mental, dan dapat membentuk sebuah gambaran dalam pikirannya mengenai lingkungan sekitarnya dalam skala yang lebih besar, termasuk gedung di sekitarnya dan jalur tempat asal mereka datang. Inilah yang menyebabkan mereka dapat menghubungkan tempat mereka berada saat ini dengan tempat-tempat sebelumnya yang menuju ke sana.

Pada gambar kedua ini, panel pertama cukup mirip dengan gambar pertama, namun pada panel kedua diperlihatkan bahwa dalam isi pikiran orang yang buta arah ini, hanya ada gambaran mengenai papan nama supermarket tersebut. Dalam pikiran bawah sadar orang-orang ini, mereka tidak menangkap sekelilingnya maupun jalur ke tempat tersebut, sehingga supermarket tersebut muncul begitu saja tanpa konteks, yang menyebabkan mereka mengalami kesulitan untuk kembali ke tempat asalnya.

Cuitan tersebut telah di-share dan di-like sebanyak lebih dari 60 ribu kali semenjak di-posting, dan mengundang banyak komentar netizen, seperti “Ini saya! Saya tidak punya kompas internal dan saya tidak pernah tahu harus pergi ke arah mana”, “Saya selalu berusaha menjelaskan kepada orang-orang mengapa saya buta arah… Sekarang saya tinggal menunjukkan gambar ini!”, “Ini menggambarkan perbedaannya dengan sempurna!”, dan komentar-komentar senada lainnya.

Akun @yuuya_ponta sendiri memiliki tips untuk mereka yang buta arah, yaitu, periksa dulu jalur yang akan didatangi menggunakan fitur street view di Google Map, sehingga saat pergi, sudah akan familiar dengan jalur yang akan dilewati. Bagaimana, termasuk yang manakah kalian, yang mengalami hoko onchi atau bukan?

(Featured image: twitter.com/yuuya_ponta/status/849859)
(All other images: rocketnews.com)

Source : rocketnews24.com

What's Your Reaction?

LOL LOL
3
LOL
Sugoi! Sugoi!
2
Sugoi!
Honto Ni? Honto Ni?
2
Honto Ni?
Kanashii Ne Kanashii Ne
0
Kanashii Ne
Nani Kore?! Nani Kore?!
3
Nani Kore?!
Daisuki! Daisuki!
0
Daisuki!
Kowai Kowai
3
Kowai
Kawaii~ Kawaii~
0
Kawaii~

Seorang Seniman Jepang Menjelaskan Buta Arah Menggunakan Komik

Pilih Format
Trivia quiz
Buat pertanyaan untuk mengetahui seberapa luas pengetahuanmu
Polling
Buat polling dan ajak pembaca untuk memilih
Artikel
Original artikel atau berita seputar Jepang
Artikel List
Buat daftar atau peringkat berita seputar Jepang
Ranked List
Ranked List
Meme
Unggah gambar dan buat meme kalian di sini