SHARE THIS ARTICLE

Jika kita berbicara tentang bunga sakura, pasti kita akan mengidentikannya dengan negara Jepang. Faktanya memang Jepang adalah negara dengan varian bunga sakura paling banyak yaitu sekitar 200 lebih, meski demikian bunga ini tak hanya hidup dan berkembang di Jepang, tetapi juga di Korea, China, Canada dan Jerman

Di Jepang sendiri, bunga sakura merupakan simbol yang dikaitkan dengan perempuan, kehidupan dan kematian. Tentu saja dengan berbagai alasan. Sedangkan dalam bahasa Inggris, sakura dikenal dengan nama Cherry Blossoms. Kalau dari bahasa ilmiahnya sendiri, sakura dikenal dengan nama Prunus Jamasakura.

Pohon sakura tidak hanya menghasilkan bunga yang indah, tetapi juga berbuah. Buah dari pohon sakura adalah ceri yang dikenal dengan orang jepang dengan nama Sakuranbo. Tapi buah ini tidak bisa dikonsumsi sama sekali. Tapi tidak mengurangi nilai dari buahnya sendiri, di Jepang buah ceri digunakan sebagai hadiah pada waktu-waktu tertentu.

Bunga sakura sendiri memiliki jenis beragam. tercatat ada ratusan jenis bunga sakura yang hidup di negara Jepang.  Jenis bunga sakura yang paling terkenal adalah Prunus Yedoensis dengan bunga berwarna merah muda dan putih, sakura hutan yang juga berwarna merah muda dan putih, sedangkan Yaezakura berwarna putih atau ungu kemerahan.

  

Di kebanyakan kota di Jepang, bunga sakura mekar dan menunjukan keindahannya pada akhir bulan Maret atau di awal bulan April. Mekarnya bunga ini juga menunjukan sebuah awal musim. Ini merupakan musim bunga terindah di Jepang dan banyak di manfaatkan untuk menghabiskan waktu bersama orang-orang terdekat. walau demikian, musim yang banyak ditunggu-tunggu ini hanya berlangsung dalam kurun waktu sepekan saja.

Bagi kita yang ingin menyaksikan secara langsung keindahan bunga sakura, kita tidak perlu datang jauh-jauh ke Jepang. Di Indonesia, tepatnya di kebun raya Cobodas, Cipanas, Cianjur tumbuh bunga sakura. Konon kabarnya bunga sakura yang ada disana ditanam pada tahun 1953 dan masih tumbuh sampai sekarang, namun berbeda di negara asalnya, bunga sakura yang tumbuh ini mekar dan menampilkan keindahannya pada sekitar bulan Januari dan Februari.

sumber : www.anneahira.com | gambar : google.com

SHARE
Previous articleJKT48, Jembatan Persaudaraan Indonesia-Jepang
Next articleex-AKB48 Ono Erena Solo Debut setelah 1 Setengah Tahun
Gundam & PVC Figure Enthusiast | For Information and Partnership please contact us via email at [email protected]
COMMENT