Share on

Apa itu Tokyo Warfare? Pasti kalian bertanya-tanya. Tokyo Warfare adalah game indie arcade battle tanks yang dirilis untuk PC yang dapat kalian beli di Steam. Meskipun bukan game Jepang, game ini menggunakan lagu ala anime yang "berisik" dan karakter-karakter moe, juga memiliki grafik anime-style. Tokyo Warfare sendiri tidak memiliki plot karena ini adalah game arcade.Game Tokyo Warfare ini memiliki kemiripan seperti Tokyo Wars, game arcade sesungguhnya yang ada di arcade zone. Mimin (penulis) tertarik membuat review game ini karena game ini mengingatkan penulis pada saat masih kecil memainkan Tokyo Wars. Game ini memiliki beberapa varian tank dari 5 negara seperti Rusia, Jerman, Amerika, Inggris dan Jepang yang masing-masing tank pada tiap negara memiliki keunikan tersendiri. Jumlah tank dalam game ini mencapai puluhan dan akan terus ditambahkan oleh developer game ini. Tidak hanya tank modern saja yang dapat kalian mainkan, kalian juga bisa memainkan tank perang dunia 2 seperti Sherman atau KV-2 dari Rusia layaknya dalam anime Girls und Panzer.

Advertise With Us

Game ini memiliki beberapa fitur utama seperti Online Battle, Arcade, Fly Cam, dan FPS Cam. Pada Online Battle tentunya kalian dapat bermain bersama teman kalian secara online, baik bersama-sama melawan AI atau melawan sesama player juga bisa. Untuk Fly Cam dan FPS Cam kalian dapat melihat AI bertarung satu sama lain, di sini kita hanya menjadi Spectator. Mimin hampir saja lupa, game ini memiliki Custom Graphic yang dapat kalian gunakan, seperti Classic, HD, Manga, I-tron, dan 90's Arcade Style.

Game ini memiliki varian Map, di mana sebelum kita masuk ke map kita akan menyusun AI untuk memainkan Game Arcade. Pada saat kalian memilih jumlah AI, akan muncul tulisan recommended AI 6-10. Itu maksudnya kalian berenam (Player dihitung) melawan 10 musuh karena pada update sebelumnya kalian bisa melawan musuh tank apapun dengan mudah hanya dibantu dengan 2 teman AI saja. Akan tetapi pada update terbaru ini kalian dipaksa harus bekerja sama dengan AI karena META pada game ini sedikit berubah, di mana kalian tidak bisa menghancurkan tank lawan 1 lawan 1, sehingga harus dibantu teman.Map default pada game ini adalah Naniwa-Ku dan OI Terminal, akan tetapi kalian bisa memilih pada pilihan World Map seperti di Jerman, Rusia, dan di Timur Tengah bahkan di salju. Akan tetapi mimin pribadi suka video yang ditampilkan pada map OI Terminal, karena pada map ini jaraknya cukup jauh sehingga bisa berkeliling di sekitar pelabuhan itu. Dari kiri Arena, Rusia, Salju, Timur Tengah, Padang Pasir, dan Map yang terbarunya adalah Jerman.

Penasaran dengan gameplay-nya? Simak video mimin memainkan Tokyo Warfare di bawah ini!

Berikutnya adalah gameplay Tokyo Wars yang dapat kalian lihat di bawah ini sebagai perbandingan.

(Video: youtube.com/クレイジー ボーイズ2

Maksud mimin menampilkan 2 video di atas adalah developer dari game Tokyo Warfare sendiri terinspirasi dari Arcade Game Tokyo Wars sehingga membuat game yang mirip dari Tokyo Wars dan membawakannya ke PC.

Tiap tank memiliki keunikan masing-masing maksudnya dalam senjatanya, ada tank yang memiliki Machinegun pada Secondary Weapon dan ada juga yang tidak memiliki Machinegun. Dalam video pertama di atas dapat kita lihat ada 2 jenis Armor, yaitu Turret Armor dan Chassis Armor. Apabila Turret Armor kalian kritis maka kalian tidak bisa menggerakkan Turret pada tank, akan tetapi bisa recover. Apabila Chassis Armor kalian kritis membuat rantai pada tank kalian putus dan tidak bisa recover. Terdapat juga 2 jenis peluru pada game ini yaitu Armor Piercing (AP) dan Explosive.

Jujur, mimin kurang mengerti perbedaannya apa setelah menggunakan jenis peluru ini, akan tetapi apabila kalian menggunakan peluru Explosive kalian dapat mengenai diri kalian sendiri apabila kalian melawan Tank dengan jarak dekat atau bahkan mengenai teman kalian dengan adanya Explosion Burst, tetapi tidak pada Armor Piercing yang menembus Armor pada tank musuh.

Overall, untuk game ini mimin kasih nilai 8/10 karena mimin bernostalgia ingat saat memainkan Arcade Game Tokyo Wars ini. Apabila kalian tertarik untuk memainkan game ini, kalian bisa langsung menuju ke halaman Steam. Sedikit bocoran dari developer Tokyo Warfare, dengan perayaan Tokyo Warfare yang pertama, pihak developer akan mengumumkan beberapa fitur, tank dan Map baru. Fitur baru di sini adalah Skin Editor yang dapat kalian gunakan untuk mengedit Skin pada tiap-tiap tank. Untuk Map barunya mereka akan membuat Map Akihabara yang baru yang memiliki fitur traffic.

Sekali lagi mimin berterimakasih kepada tim Indie Developer Tokyo Warfare, dan semoga ke depannya game ini menjadi lebih baik dan tetap terus berkembang! :)