SHARE THIS ARTICLE

Perusahaan Jepang ini berhasil mengurangi limbah makanan. Mereka menemukan cara mengolah sisa udon menjadi tenaga listrik yang mampu memasok energi untuk 50 rumah.

Foto: dailymail
Foto: dailymail

Udon adalah mie khas Jepang yang bentuknya agak pipih tebal dengan tekstur kenyal. Mie ini biasanya disajikan dengan kaldu dashi atau ikan dengan beragam topping.

Di Takatsu ada 800 restoran udon yang menyajikan udon khas, Sanuki Udon. Ada 400.000 penduduk yang berarti 1 restoran melayani 500 orang.

Chiyoda Manufacturing Company bekerja sama dengan produsen udon lokal di Takamatsu untuk mengubah methane dari gandum menjadi energi.

Sanuki Mengy, produsen mie udon tiap kali mengemas dan memasarkan udon ke seluruh Jepang. Setiap hari maksimal 100.000 porsi udon dibuat.

Hanya udon yang memiliki panjang dan ketebalan tertentu saja yang bisa dijual. Karenanya banyak sekali udon yang harus disisihkan karena tak lulus uji kualitas.

Kami membuang 150 ton udon setiap tahun. Tidak hanya dari pabrik tetapi juga dari 7 restoran yang membuat udon Sanuki,’ tutur Masaki Kagawa selaku presiden Sanuki Mengy pada beberapa media Jepang.

Chiyoda Manufacturing Company menawari mereka kerjasama mengolah sisa udon menjadi gas yang bisa dipakai sehari-hari.

Udon ditumbuk halus kemudian dicampur dengan air. Kemudian difermentasi. Melalui berbagai tahap penjernihan 10% nya diubah menjadi ethanol.Dengan berbagai perbedaan suhu air dipisahkan dari ethanol. Etahanol dikenal ssebagi bahan bakar yang baik untuk keperluan produksi.

Perusahaan ini memakai 90% untuk memproduksi biogas seperti methane yang dipakai sebagai energy listrik. Proses ini masih dalam tahap pengembangan.

Bagaimanapun proses yang dilakukan, selalu ada risidu. Kami bekerja keras mencari cara mengolah risidu agar bisa dipakai ulang sehingga tak ada pemborosan,’ demikian tutur Tetsuo Ozaki, insinyur dan kepala Technology and Development Chiyoda Manufacturing.

Baru-baru ini perusahaan ini juga berhasil mengubah cairan sisa udon menjadi cairan pencuci gandum dan bawang yang jadi topping udon sehingga tak ada yang tersisa.
Eiji Iketsu, President of Chiyoda Manufacturing Company, menegaskan, ‘Daur ulang yang berbasis pada biomasa sangat populer di Jepang.’

Pelanggan udon juga mengatahui soal daur ulang udon menjadi tenanga listrik. Secara keseluruhan ada 180.000 kwH yang dihasilkan tiap tahun yang cukup untuk keperluan energi 50 rumahtangga.

Source : food.detik.com
COMMENT