Perenang Jepang Rikako Ikee Jadi Wanita Pertama Yang Dapatkan Gelar MVP Sepanjang Sejarah Asian Games

2 min


Atlit renang asal Jepang yang berlaga di Asian Games 2018 yang baru saja berlalu, Rikako Ikee, terpilih sebagai Most Valuable Player atau MVP pada ajang olahraga terbesar Asia tersebut, dengan perolehan 6 mendali emas dan dua medali perak.



Hanya satu orang yang pernah meraih jumlah medali lebih banyak dalam satu ajang Asian Games, yaitu penembak asal Korea Utara So Gin-man, yang meraih 7 emas dan satu perak di New Delhi pada 1982. Meski demikian, dengan raihan 2 medali perak di samping 6 medali emas yang diraihnya, junlah total medali yang didapatkan Ikee dalam satu kali ajang Asian games ini menyamai total 8 medali yang dicatat oleh penembak pria tersebut.

Keenam emas yang didapat oleh Ikee juga dicapai dengan catatan waktu yang menjadi rekor Asian Games dan pencapaiannya tersebut menjadi semakin luar biasa, mengingat gadis berusia 18 tahun tersebut mengikuti ajang ini langsung setelah memenangkan satu emas, dua perak, dan satu perunggu di ajang kejuaraan Pan Pacific.

Menurut Olympic Council of Asia pada hari terakhir ajang olahraga Asian Games 2018, Ikee yang merupakan atlit wanita pemenang medali terbanyak dalam satu kali Asian Games merupakan pilihan tanpa lawan untuk penghargaan Most Valuable Player kali ini.

Saya dengar bahwa tidak ada penghargaan MVP dan saya sangat sedih karenanya, namun setelah reevaluasi, saya merasa sangat terhormat bisa mendapatkan penghargaan luar biasa ini,” ungkap Ikee setelah mendapatkan piala dan uang penghargaan sebesar 50 ribu dollar yang menjadi haknya. “Sesungguhnya setelah kompetisi renang, saya kembali ke Jepang. Saya tidak berpikir bahwa saya akan diperlukan untuk datang kembali ke Indonesia. Tempat ini sungguh tempat dengan banyak kenangan indah.“



Rikako Ikee yang lahir pada 4 Juli tahun 2000 adalah perenang kompetitif asal Jepang yang merupakan pemegang rekor nasional Jepang di nomor 50 meter gaya bebas dan 100 meter gaya kupu-kupu, juga pemegang rekor dunia junior di nomor 50 meter gaya bebas dan 50 meter gaya kupu-kupu long course, juga gaya kupu-kupu 50 meter dan 100 meter, juga gaya ganti 100 meter tunggal di short course.

Ikee menjadi atlit Jepang keempat yang memenangkan gelar MVP sejak kemunculannya pada Bangkok Games 1998, sekaligus menjadi wanita pertama yang memenangkan gelar tersebut. Ia kini mengemban harapan yang besar dari masyarakat Jepang untuk Olimpiade Tokyo yang akan diadakan 2 tahun yang akan datang.

(featured image: Japan Times)

(All other images: Rikako Ikee Instagram)

Sources :


What's Your Reaction?

LOL LOL
64
LOL
Sugoi! Sugoi!
101
Sugoi!
Honto Ni? Honto Ni?
102
Honto Ni?
Kanashii Ne Kanashii Ne
115
Kanashii Ne
Nani Kore?! Nani Kore?!
126
Nani Kore?!
Daisuki! Daisuki!
14
Daisuki!
Kowai Kowai
26
Kowai
Kawaii~ Kawaii~
89
Kawaii~
Choose A Format
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes