Share on

Yamaoka Scholarship Foundation, program beasiswa yang didukung penuh oleh Yanmar Co., Ltd., kembali melakukan ekspansi program beasiswa untuk universitas di Indonesia dengan menggandeng perguruan tinggi baru, Institut Pertanian Bogor (IPB) setelah tahun sebelumnya bekerja sama dengan Universitas Darma Persada Indonesia (Unsada). Acara penyerahan beasiswa tersebut diadakan di Ayana Hotel, 14 September 2019.

Advertise With Us

Yamaoka Scholarship Foundation

Dengan bergabungnya IPB dalam program beasiswa di tahun ini, menjadikan jumlah penerima beasiswa menjadi 15 orang. Ke-lima belas penerima beasiswa tersebut adalah 5 orang penerima beasiswa tahun sebelumnya dari Unsada dan 10 orang penerima beasiswa di tahun 2019 (5 orang penerima dari Unsada dan 5 orang penerima dari IPB). Penerima baru beasiswa tersebut merupakan mahasiswa yang berada di tingkat 3 pada tahun ajaran 2019. Beasiswa tersebut diberikan selama 2 tahun dengan berupa uang sebesar 1 juta rupiah setiap bulannya.

Sebagai bagian dari Yanmar, tentu kami sangat bangga bisa membantu calon-calon generasi yang akan memimpin perkembangan pertanian di Indonesia di masa depan. Kami berharap beasiswa ini dapat membantu mereka untuk terus berprestasi dalam menempuh perkuliahan mereka di universitas masing-masing.” Kata Nobuyoshi Fujita, Direktur Eksekutif Yamaoka Scholarship Foundation.

Perjalanan Yamaoka Foundation dalam memberikan bantuan beasiswa universitas di Indonesia dimulai pada saat peringatan 60 tahun hubungan diplomatik Indonesia dengan Jepang tahun 2018 dan berencana membentuk sistem pendukung untuk universitas di Indonesia.

Yamaoka Scholarship Foundation dibentuk oleh Magokichi Yamaoka, pendiri dari Yanmar Co., Ltd. menggunakan aset pribadinya. Di Jepang, Yamaoka Scholarship Foundation menyediakan dan mengelola beasiswa untuk tingkat SMA, pasca sarjana dan mahasiswa asing yang terlibat dalam penelitian tentang pengetahuan alam.

Sejak 2013, program beasiswa ini juga telah aktif di Asia Tenggara. Di Indonesia, program ini menawarkan beasiswa akademik untuk siswa SMP di Jakarta dan Surabaya yang menekuni dan berprestasi di bidang sepak bola dengan syarat masih aktif menjadi siswa di sekolah masing-masing.

Di masa depan, Yanmar Co., Ltd. melalui Yamaoka Scholarship Foundation akan memperluas programnya untuk universitas di Indonesia dan bekerja untuk membina generasi selanjutnya baik didalam maupun luar Jepang. Kai Yasuda, Presiden Direktur dari PT. Yanmar Diesel Indonesia mengatakan “Kami senang akhirnya bisa meningkatkan jumlah penerima beasiswa seperti yang telah kami janjikan di tahun lalu. Dengan meneruskan kerja sama dengan IPB dan Unsada di tahun ini, jumlah penerima beasiswa di tahun 2020 akan menjadi 20 mahasiswa. Melalui kegiatan ini, kami berharap dapat berkontribusi terhadap realisasi masyarakat yang sejahtera, terutama di Indonesia.”

Seperti semangat pendiri kami, kami berharap para mahasiswa penerima ini bisa semakin berprestasi kedepannya dan mampu mengembangkan diri mereka ke dunia yang lebih luas. Yanmar Indonesia sendiri pun tidak hanya akan berhenti berkarya di Indonesia saja. Kami berniat untuk mengembangkan bisnis ekspor ke wilayah berkembang, meluncurkan produk dari Indonesia ke seluruh dunia dengan menggunakan merek hibrid Jepang dan Indonesia.” tambahnya.

Tentang Yamaoka Scholarship Foundation

Universitas : Universitas Darma Persada (sejak 2018) dan Institut Pertanian Bogor
Jumlah Penerima : 5 Mahasiswa tiap angkatan tingkat 3
Jumlah Beasiswa : Rp. 1,000,000 per bulan
Periode Beasiswa : 2 tahun
Tentang Program Beasiswa Yamaoka : http://www.yanmar.co.jp/fund/index.html

Tentang PT. Yanmar Diesel Indonesia

Didirikan pada 17 Maret 1972, sebagai perusahaan yang terbentuk atas kerjasama antara Yanmar Group dengan perusahaan lokal, PT. Yanmar Diesel Indonesia (YADIN) merupakan produsen eksportir mesin diesel pertama di Indonesia. Saat ini YADIN beroperasi sebagai produsen mesin diesel, suku cadang, dan distributor mesin pertanian.

Tentang Yanmar Co., Ltd

Didirikan di Osaka tahun 1912, Yanmar berhasil membuat mesin diesel kecil dan praktir pertama di dunia pada tahun 1933. Yanmar menjadi produsen mesin industri yang cukup luas dengan memberikan solusi yang mengintegrasikan industri mesin diesel sebagai pilar bisnis, produk, layanan, dan pengetahuan untuk berbagai pasar. Yanmar memiliki tujuh produk seperti mesin kecil, mesin besar, mesin dan fasilitas pertanian, mesin konstruksi, sistem energi, kelautan, peralatan dan komponen mesin. Informasi lebih lanjut bisa mengunjungi halaman https://www.yanmar.com/global/

  Sumber: Press Release