Share on

Sebuah bola api besar terlihat melintasi langit wilayah Jepang barat pada Kamis (3/1/2019) dini hari waktu setempat. Para ahli astronomi mengatakan fenomoena itu mungkin disebabkan oleh sebuah meteor.

Dilansir Japan Today dari Kyodo, Masayoshi Ueda (67) seorang astronom amatir berhasil menangkap gambar objek misterius tersebut sekitar pukul 4:50 pagi di rumahnya di Habikino, Prefektur Osaka.

"Saya tidak bisa merekam suaranya tetapi melintas sebentar dan kemudian berubah menjadi bola api besar," ungkap Ueda.

"Saya beruntung karena kita tidak bisa memprediksi kapan dan di mana kita bisa melihatnya hal seperti ini." tambahnya.

Beberapa warga yang tinggal di Pulau Shikoku, Jepang barat juga memposting informasi tentang benda terbang misterius tersebut di internet.

"Saya pikir itu gempa bumi ketika saya mendengar letusan dan gemuruh," kata salah seorang pengguna internet.

"Saya bangun dengan suara yang sangat keras," ujar pengguna internet lainnya.

Menurut seorang profesor rekanan di Observatorium Astronomi Nasional Jepang, Hitoshi Yamaoka, mengatakan bahwa kemungkinan objek bola api tersebut merupakan sebuah meteor yang terbakar setelah memasuki atmosfer bumi.

"Kami melihat meteor yang meledak di atmosfer hampir setiap hari tetapi sangat jarang untuk mendengar seseorang mengeluarkan suara, hanya beberapa kali setahun," kata Yamaoka.

"Saya kira yang terlihat kali ini adalah benda besar yang mungkin berukuran sekitar setengah meter panjangnya. Benda seperti itu biasanya menguap di udara, tetapi yang ini bisa jatuh ke tanah," imbuhnya.