Berita Jepang | Japanesestation.com

Atlet muda Jepang, Coco Yoshizawa berhasil memenangkan medali emas untuk women’s street skateboard di Olimpiade Paris 2024.

Pesaingnya dari Jepang, Liz Akama, meraih medali perak dan Rayssa Leal dari Brasil meraih perunggu di Place de La Concorde pada Hari Minggu (28/7).

“Saya tahu bahwa jika saya ingin menang, saya harus melakukan trik-trik tersulit,” kata Yoshizawa. “Saya tidak mengincar posisi kedua atau ketiga, saya mengincar posisi teratas dengan gerakan tersulit saya.”

Acara ini mungkin menjadi salah satu podium termuda dalam Olimpiade tersebut, dimana Leal adalah yang tertua dengan usia 16 tahun, Akama berusia 15 tahun dan Yoshizawa berusia 14 tahun.

Yoshizawa berada di posisi keempat setelah dua putaran dan tiga trik di babak final. Ia hanya memiliki satu trik di papan setelah terjatuh dalam dua dari tiga percobaan pertamanya.

Ia kemudian melakukan salah satu trik terbaik sore itu. Yoshizawa memperoleh skor tertinggi 96,49 setelah sukses melakukan trik yang disebut bigspin flip boardslide. Ia meraih posisi teratas dengan skor total 272,75.

Akama mengumpulkan skor 265,95 untuk posisi kedua dan Leal dengan 253,37, unggul jauh di depan Cui Chenxi dari Cina yang berada di posisi keempat.

Akama dan Yoshizawa adalah dua skater terakhir di babak final, dan Yoshizawa berhasil meraih emas ketika Akama terjatuh saat melakukan trik terakhirnya.

Upaya terakhir Yoshizawa pada dasarnya adalah victory lap, dan dia menggunakan rel untuk mendaratkan satu trik terakhir sebelum melakukan selebrasi.