Share on
7 Manfaat Rumput Laut untuk Kecantikan
Ilustrasi Rumput Laut (sumber: capitalseaweed.vn)

Bagi orang Asia, di Jepang khususnya, rumput laut menjadi makanan favorit yang sering dipadukan bersama sushi dan salad. Kaya akan vitamin dan mineral, rumput laut juga mampu merawat kesehatan dan kecantikan kulit. Berikut sejumlah manfaat rumput laut untuk kecantikan, seperti dilansir Livestrong, Rabu (25/3).

Advertise With Us

Penghilang jerawat

Rumput laut memiliki senyawa anti-inflamasi yang berpengaruh positif pada peradangan di kulit. Anti-inflamasi pada rumput laut dapat mengurangi pembengkakan jerawat, mengecilkan pori-pori, dan mengangkat sel kulit mati.

Meremajakan kulit

Rumput laut kaya akan yodium yang dapat membantu meningkatkan fungsi tiroid. Kelenjar tiroid menghasilkan asam amino yang menyerap yodium dan menghasilkan zat kimia pengatur metabolisme dalam darah. Lancarnya metabolisme membantu peremajaan kulit.

Pengelupasan sel kulit mati

Rumput laut dapat menarik kotoran dan kelebihan cairan dari kulit. Sering dijadikan pembersih alami dan digunakan sebagai lulur karena khasiatnya yang dapat meregenerasi sel kulit mati.

Merawat kesehatan kulit kepala

Rumput laut, arame, dan masakan Jepang lainnya dipercaya dapat memelihara folikel kulit kepala dan rambut. Rumput laut yang kaya mineral mampu melancarkan peredaran darah, memperkuat rambut, dan membuatnya berkilau.

Mengurangi pembengkakan

Rumput laut kaya akan vitamin B1, B2, B3, B6, dan B12 yang berfungsi sebagai anti radang dan mengurangi penggumpalan darah di bawah kulit. Selain itu, rumput laut juga dapat menghaluskan kulit wajah.

Minimalisir selulit

Kandungan vitamin dan mineral yang ada pada rumput laut dapat menghapus parut yang diakibatkan oleh selulit. Beberapa pelembab yang mengandung rumput laut sudah dijual di pasaran untuk mengatasi selulit dan stretchmark.

Detoksifikasi kulit

Rumput laut merupakan salah satu tumbuhan yang baik untuk membantu mengeluarkan racun dan kotoran dalam kulit. Sebesar 40 persen ekstrak rumput laut dapat diserap kulit dalam waktu 30 detik. Kandungan vitamin dan mineral pada rumput laut bisa bertahan hingga lebih dari tiga hari dalam proses detoksifikasi.