Share on

Bunga sakura yang  mekar di musim semi memang indah. Namun, apa jadinya jika bunga sakura yang cantik ini ditutupi dengan salju?

Pada MInggu lalu (29/3), temperature di area Kanto anjlok, membuat area utara Kanto diselimuti salju tebal. Di Prefektur Gunma misalnya, salju yang menyelimuti daerah ini mencapai 23 centimeter tebalnya. Lain lagi di Prefektur Nagano, meskipun saljunya tidak setebal salju di Prefektur Gunma, salju di sini juga mencapai 14 centimeter lho tebalnya. Turunnya salju yang “terlambat” ini ternyata menutupi bunga sakura yang tengah mekar dengan cantiknya. Hal ini membuat suatu fenomena yang disebut sebgaai  hanabie 花冷え atau "flower chilling” alias bunga bersalju.

Ternyata hal ini juga terjadi di Hitsujiyama Park, Prefektur Saitama. Seorang mahasiswa yang hobi fotografi, @uuu25w menangkap pemandangan unik ini dengan kameranya lalu mengunggahnya ke akun twitternya.

"Tahun ini, aku kembali memotret sakura berselimut salju. Chichibu Hitsujiyama Park)”, tulis @uuu25w dalam caption cuitannya. Ingin melihat hasil foto-fotonya?

Bunga sakura salju Bunga sakura salju Bunga sakura salju

Menurut laporan dari Yomiuri Shimbun, area Tokyo yang akhir-akhir ini berubah menjadi sepi karena instruksi dari Gubernur Yuriko Koike yang meminta agar warganya tetap tinggal di rumah selama weekend untuk mencegah penyebaran corona virus, baru kembali mengalami fenomena hanabie setelah 51 tahun lamanya.

Fenomena unik yang mengakibatkan pemandangan surreal ini juga disaksikan oleh beberapa orang yang terpaksa pergi ke luar akibat keadaan mendesak, seperti salah satu pengguna twitter, @t36843770. Dalam cuitannya, ia menulis, “Aku melihat Sungai Kanda dari Jembatan Omokagebashi ketika berangkat kerja kemarin. Pemandangan sakura yang tertimbun salju membuatku serasa masuk ke dunia mimpi”.

Hanabie juga ternyata menjadi inspirasi bagi para ilustrastor untuk berkarya. Salah satu ilustrator Jepang, Youchan, misalnya. Ia mencoba menggambar hanabie bersama Amabie, yokai pencegah bencana:

Bunga sakura salju

Indah ya? Semoga jika kita melihat pemandangan cantik bunga sakura berselimut salju suatu saat nanti, dunia lebih aman dan menyenangkan, tidak seperti sekarang.