Share on

Jepang, seperti yang kita tahu memiliki sejarah dengan Amerika, Amerika juga sebagai negara adidaya memiliki banyak pengaruh di negara-negara lain, salah satunya tentu saja Jepang. Banyak anak muda di Jepang yang menyukai gaya hidup 'ala barat' dimana gaya tersebut merupakan gaya khas Amerika. Dibentuklah area yang dinamakan America-mura yang ada di Osaka.

Advertise With Us

Area yang sebelumnya diisi dengan gudang-gudang kosong serta area parkir ini, kini sudah semakin berkembang sejak sebuah kafe yang dibuka pada tahun 1969 menjadi populer. Kafe yang menjadi tempat nongkrong dan juga tempat ngumpul anak muda pada masanya itu kini membuat area kosong ini menjadi area yang hip dan juga beken berkat usaha kerjasama para anak muda yang mengunjungi kafe tersebut, yang kemudian mengembangkan bisnis yang ditujukan untuk para pelanggan anak muda di area ini.

America-mura

Ada berbagai macam toko serta kedai yang dapat dikunjungi disini, barang-barang yang dijajakan disini merupakan barang-barang yang jarang kalian lihat di Jepang, selain itu, banyak juga toko-toko yang masih menjual barang-barang tradisional khas barat seperti musik, baju vintage, aksesoris unik, dan piringan hitam.

Barang-barang yang ada disini hampir seluruhnya merupakan barang yang diimpor langsung dari Amerika, karena itulah banyak barang-barang yang sudah pasti akan jarang ditemukan di tempat lain selain disini. Semakin hari, semakin banyak orang-orang yang mengunjungi lokasi ini karena barang-barang unik yang disediakan serta pengalaman berbelanja yang berbeda dari tempat lain.

America-mura, Amerika Kecil di Shinsaibashi, Osaka
(gambar: gaijinpot)

Mulai tahun 80-an area ini sudah sangat berkembang dan menarik perhatian banyak orang. Orang-orang mulai menyebut area ini dengan sebutan "Amerika-mura" yang kemudian disingkat lagi menjadi "Amemura". Mural serta seni jalanan mulai bermunculan. Salah satu sosok yang paling pertama mengembangkan tempat ini, Seitaro Kuroda kemudian ikut memberikan karyanya untuk Amemura ini dengan muralnya yang dinamakan "Peace on Earth" sebuah mural bergambar burung yang masih dapat dinikmati hingga hari ini.

Memasuki tahun 90-an, area ini menjadi semakin mainstream sehingga mulai banyak korporasi serta perusahaan-perusahaan besar seperti Big Step dan juga OPA yang ikut membangun toko di area ini sehingga toko-toko bertingkat, dan pusat perbelanjaan besar bermunculan. Memanfaatkan ramainya anak muda yang berkunjung kesini, banyak club, bar, dan juga bioskop yang memulai bisnisnya disini.

Sankaku Koen atau Taman Segitiga berperan sebagai jantung dari area ini dimana taman ini dijadikan sebagai lokasi untuk fashion show, penampilan musik, serta lokasi bagi para skater serta pecinta hip-hop berkumpul dan menikmati waktunya. Hingga kini, taman ini juga masih menjadi lokasi untuk orang-orang berkumpul dan juga menjadi pusat dari perayaan Halloween dimana akan ada banyak orang-orang yang berkunjung dengan mengenakan kostum-kostum yang eksentrik.

Amemura masih hidup sebagai pusatnya anak-anak muda yang trendi dan hip. Dengan keunikannya, area ini menjadi daya tarik bagi para wisatawan serta penduduk lokal yang ingin pengalaman yang berbeda di Jepang. Sekarang, Amemura terlihat sebagai sebuah area yang selalu sibuk dengan segala kegiatan serta toko-toko unik yang selalu berkembang setiap harinya. Kalian dapat menemukan makanan khas barat yang otentik dan berkualitas seperti burger, egg benedict, pancake, kopi, piepizza, dan berbagai makanan lainnya.

America-mura Alamat : Nishi Shinsaibashi Chuo-kuOsaka, Osaka

 

Featured image: kosublog Sumber : America-mura Website, gaijinpot