SHARE THIS ARTICLE

Gaku Miyao Ada Cerita di Balik Setiap Sepeda (2)

Di setiap lahirnya satu judul manga, selalu ada inspirasi dan ide yang menjadi latar belakangnya. Tidak terkecuali dalam Aoba Bicycle Shop karangan Gaku Miyao, mangaka Jepang yang menjadi bintang tamu dalam acara Comic Fest ID 2016. Gaku Miyao mengaku bila dia mendapatkan inspirasi membuat manga tersebut dari kecintaannya terhadap sepeda. Bagaimana ceritanya? Yuk simak penuturan Gaku Miyao di bawah ini!

Hai Gaku, Bagaimana perasaannya pertama kali berkunjung ke Indonesia? Terutama di dalam event ini?

Saya sangat senang sekali berada di Indonesia, apalagi mengetahui banyak sekali orang yang mencintai Jepang di sini. Saya sangat bangga bisa hadir di event Comic Fest ID ini dan menjadi tamu.

Bagaimana reaksi orang di sini saat pertama kali melihat Gaku? 

Saya sebenarnya merasa takut sebelumnya, Saya pikir bahwa tidak ada yang mengenal saya satu orang pun. Tapi ketika saya mulai menggambar dan memberi pelatihan, beberapa mengenali hasil karya saya. Saya merasa sangat senang.

Apa yang Gaku gambar waktu itu?

Saya menggambar Aoba-chan dari komik saya, Aoba Bicycle Shop.

Gaku Miyao Ada Cerita di Balik Setiap Sepeda (3)

Bisa diberikan gambaran manga tersebut?

Aoba Bicycle Shop adalah manga yang sudah mencapai tahun ke-17 dan terbit rutin di majalah bulanan. Jadi setiap bulan saya rutin membuat manga hingga 60 halaman. Manga ini menceritakan anak kecil hingga orang tua yang memiliki interaksi dengan sepeda. Jadi si Aoba bukan tokoh utama tapi yang membawa alur ceritanya saja. Jadi ada orang yang menanyakan tentang sepeda dan Aoba-chan yang menjelaskan.

Apakah ini berarti Gaku menyukai sepeda?

Sejak kecil saya menyukai sepeda. mulai dari menggambar, membongkar dan menaikinya tentunya.

Pasti banyak sekali cerita menarik antara Gaku dengan sepeda, bisa diceritakan? 

Saat umur 15 tahun saya pernah keliling daerah Shikoku dengan sepeda. Sekitar 800 kilometer itu berkeliling. Saya merasa sangat puas dapat mengelilingi daerah Shikoku tersebut tanpa bantuan orang lain. Jadi hal seperti itulah juga yang jadi motivasi saya menggambar manga tentang sepeda.

Apakah Gaku juga seorang kolektor?

Bagaimanapun untuk menggambar komik ini saya membutuhkan banyak sepeda. Jadi saya punya beberapa.

Adakah tantangan dalam membuat manga ini?

Tantangan dalam manga ini juga berarti kekuatannya. Semua sepeda yang ada di Aoba digambar se-real mungkin. Hal itu dilakukan karena sebelum ini tidak ada komik tentang sepeda yang diceritakan dengan detil dan benar.

Gaku Miyao Ada Cerita di Balik Setiap Sepeda (1)

Selain kekuatan di detil gambarnya, adakah kekuatan lain di dalam manga ini yang membuatnya pantas dibaca?

Pesan moral dari manga ini sangatlah banyak. Karena ada cerita di balik setiap sepeda. Selalu ada kemungkinan – kemungkinan yang terjadi. Meskipun mendapatkan sepeda yang luar biasa, belum tentu kehidupan anda juga bisa dapat bahagia.

Kembali ke pengalaman di Indonesia, sudahkah mencicipi makanan di sini?

Saya sudah mencoba ikan, daging dan kuah yang enak sekali di sini. Ada banyak sekali citarasa yang belum pernah dicoba sebelumnya.

Dengar-dengar Gaku juga melakukan survei kendaraan di sini, benarkah? 

Menurut saya sepeda adalah kendaraan yang terdekat dengan manusia. Jadi sepeda dekat dengan kehidupan. Saya penasaran bagaimana masyarakat Indonesia menggunakan sepedanya untuk apa saja. Ternayat ada sepeda yang dimodifikasi menjadi kedai. Unik sekali!

Apakah ini bisa menjadi inspirasi cerita dan ditulis di dalam manga?

Tentu saja! Di Jepang hampir tidak ada orang jualan menggunakan sepeda.

Apakah Gaku akan membuat manga lain?

Aoba Bicycle Shop adalah life work saya. Tentunya ada rasa ingin menggambar sesuatu yang berbeda. Sayangnya badan saya satu dan kemampuan terbatas.  Tetapi ke depannya saya ingin menggambar sesuatu yang baru. 

(foto: Amozy Audrey)

COMMENT