SHARE THIS ARTICLE

Seperti halnya film-film luar negeri sepert drama Korea atau anime Jepang yang seringkali ditayangkan di stasiun televisi lokal dengan dialihbahasakan atau di-dubbing dengan pengisi suara berbahasa Indonesia, di Jepang pun, film-film luar negeri khususnya film-film Hollywood seringkali ditayangkan dengan dialihbahasakan dan di-dubbing oleh para pengisi suara berbahasa Jepang yang biasanya dipilih dengan cara audisi, dan tak jarang pula para seiyuu yang biasanya mengisi suara untuk anime, turut melakukan sulih suara (dubbing) untuk para aktor/aktris dalam film tersebut. Berikut adalah beberapa di antaranya:

1. Daisuke Namikawa

16760

Seiyuu untuk Ulquiorra Schiffer dalam anime Bleach, Jou Hibiki dalam Gatchaman Crowds, Italy dalam seri Hetalia, dan Hisoka dalam Hunter x Hunter (2011) ini juga merupakan dubber resmi untuk Elijah Wood dalam film trilogi The Lord of The Rings sebagai Frodo Baggins dan Hayden Christensen dalam Star Wars sebagai Anakin Skywalker. Ia juga melakukan dubbing untuk beberapa peran dari Leonardo DiCaprio seperti dalam film Blood Diamond dan Inception.

2. Hiroaki Hirata

Hiroaki-hirata

Paling dikenal mungkin lewat perannya sebagai seiyuu dari Sanji dalam One Piece, ia juga mengisi suara untuk Sha Gojyo dalam seri Saiyuki, dan Kotetsu T. Kaburagi/Wild Tiger dalam Tiger & Bunny. Hiroaki Hirata adalah dubber resmi untuk  Johnny Depp, seperti sebagai Jack Sparrow dalam seri Pirates of the Caribbean, sebagai Rango, dan sebagai Mad Hatter dalam Alice in Wonderland.

3, Toshiyuki Morikawa

12069

Seiyuu dari Sephiroth dalam FF 7 Advent Children, Naraku dalam seri Inuyasha, dan Minato Namikaze dalam seri Naruto ini juga merupakan dubber dari Tom Cruise dalam berbagai filmnya, mulai dari dalam film Top Gun, Mission Impossible 1-4, dan Oblivion. Ia juga melakukan dubbing untuk Keanu Reeves dalam seri The Matrix, Constantine, serta sebagai Kai dalam film terbarunya, 47 Ronin.

4. Maaya Sakamoto

197px-600full-maaya-sakamoto

Mengisi suara untuk karakter Ciel Phantomhive dalam seri Black Butler, Lunamaria Hawke dalam seri Mobile Suit Gundam Seed Destiny, serta Haruhi Fujioka dalam Ouran High School Host Club, Maaya Sakamoto juga dianggap sebagai dubber resmi di Jepang untuk Natalie Portman, seperti sebagai Padmé Amidala dalam Star Wars, Nina Sayers dalam Black Swan, serta Jane Foster dalam Thor.

5. Nana Mizuki

468857

Seiyuu sekaligus penyanyi yang tercatat telah mengisi lebih dari 130 peran ini adalah seiyuu dari Tsubomi Hanasaki/Cure Blossom dalam Heartcatch Precure!, Fate Testarossa dalam seri Magical Girl Lyrical Nanoha, dan Hinata Hyuuga dalam seri Naruto, dan ia adalah dubber dari Jennifer Lawrence sebagai Katniss Everdeen dalam seri The Hunger Games.

6. Daisuke Hirakawa

Daisuke_Hirakawa

Dikenal juga sebagai Tatsuya Hirai dalam beberapa perannya, ia adalah seiyuu dari Momotaro dalam Houzuki no Reitetsu, Rei Ryugazaki dalam Free!, dan Ukyou dalam Brothers Conflict, Daisuke Hirakawa adalah dubber resmi untuk Orlando Bloom, seperti dalam Troy, trilogi The Lord of The Rings, dan seri Pirates of the Caribbean. Ia juga melakukan dubbing untuk berbagai peran dari aktor Korea Jang Keun-suk dan Tom Hiddleston sebagai Loki dalam film The Avengers dan Thor.

7. Kensho Ono

mGdx40o

Meskipun track record-nya sebagai seiyuu masih belum terlalu banyak, para penggemar anime pasti akan mengenalinya sebagai Tetsuya Kuroko dalam seri Kuroko no Basuke dan Hakuryuu Ren dalam seri Magi, dan ia juga akan mengisi suara untuk Cygnus Hyoga dalam CG movie Saint Seiya: Legend of Sanctuary pada Juni mendatang. Kensho Ono dikenal sebagai dubber dari Daniel Radcliffe dalam seri Harry Potter, film December Boys, dan The Woman in Black.

Berikut adalah salah satu cuplikan video dari film Thor yang di dubbing ke bahasa Jepang, dengan Daisuke Hirakawa sebagai Loki.

Sources :
COMMENT