SHARE THIS ARTICLE

mq0jq8wqhlmmfibrxgvu

Bulan ini adalah ulang tahun Godzilla ke-60. Jadi, selamat ulang tahun Godzilla! Sebagai penghormatan untuk kaiju paling terkenal, inilah 10 hal yang mungkin kalian tahu -mungkin juga tidak- tentang ‘Zilla.

Tulisan dibawah ini dilansir dari Wall Street Journal yang menampilkan Godzilla. Keseluruhannya menarik untuk dibaca.

Tanpa panjang lebar, inilah 10 fakta tentang Godzilla:

1. Film Godzilla pertama shooting-nya diambil mulai dari bulan Agustus hingga Oktober, dimana saat itu di Jepang sedang luar biasa panasnya. Haruo Nakajima, aktor yang memerankan Godzilla, suatu ketika pernah memasukkan termometer ke dalam kostum dan temperaturnya mencapai 60 derajat Celcius.

2. Akira Kurosawa saat itu tengah shooting The Seven Samurai di studio yang sama. Dia tidak mengatakan apa-apa tentang Godzilla, namun Haruo Nakajima menyebut jika Kurosawa “sangat penasaran” dan sering mengecek produksi Godzilla.

3. Awalnya, aktor Akira Takarada tidak mengerti makna dari “Godzilla” (atau “Gojira” dalam bahasa Jepang) yang merupakan kombinasi dari “gorila” dan “kujira” (bahasa Jepang untuk paus)

4. Ketika Takarada tiba di set dan mengumumkan jika dia akan memerankan peran utama, seorang teknisi bernama Hideto Ogata, seseorang berteriak jika Godzilla adalah peran utama dalam film tersebut.

5. Prototipe kostum memiliki berat 100 kilogram. Versi lainnya berhasil memangkas kostumnya menjadi seberat 60 kilogram.

6. Menurut Takarada, para pemeran dan kru setuju jika Godzilla merupakan “mahluk suci” yang dikirim oleh dewa untuk mengingatkan manusia tentang kengerian senjata nuklir dan perang. Nakajima mengatakan api yang dikeluarkan oleh Godzilla melambangkan bom nuklir, sementara Takarada menambahkan jika kaiju tersebut juga merupakan korban dari perang nuklir.

7. Walau dengan kostum yang lebih ringan, aktor Haruo Nakajima tidak dapat menggerakkan tangan kiri Godzilla. Karenanya, hanya tangan kanan karakter tersebut yang digunakan untuk mengambil benda-benda di dalam film.

8. Kaki Godzilla dibuat dengan mencontoh model boot karet dari Tsukiji Fish Market di Tokyo, Jepang.

9. Agar Godzilla tidak terlihat lemah, pemeran dalam kostum tersebut, Haruo Nakajima, takkan pernah menunjukkan bagian bawah kaki karakter tersebut saat berjalan.

10. Bagian luar kostum Godzilla dibuat dari karet, namun bagian dalamnya dibuat dari kawat, kertas, pakaian, banyak bambu, dan apapun yang dimiliki oleh seniman efek khusus pada waktu itu yang dirasa kira-kira akan berguna. Karena bambu memiliki karakteristik yang kuat dan fleksibel, sangat ideal digunakan untuk bahan konstruksi.

Film Godzilla pertama tayang di Jepang pada tanggal 3 November 1954. Sejak saat itu, film Godzilla terasa tak pernah sama lagi.

Source : kotaku
COMMENT