Berita Jepang | Japanesestation.com

Ulang tahun ketujuh untuk Nintendo Switch akan datang pada bulan Maret ini, dan ada spekulasi kuat bahwa kita akan melihat switch untuk generasi berikutnya sebelum tahun ini berakhir. Sebelum dikeluarkan sistem yang baru, Nintendo telah mengumumkan tanggal dan waktu tepat di mana akan mengakhiri layanan online untuk kedua console legendaris yaitu, 3DS dan Wii U.

Kita sudah tahu ini akan terjadi, karena kembali pada bulan Oktober pengembang permainan video game berbasis di Kyoto mengatakan layanan online untuk sistem-sistem tersebut akan ditutup dalam waktu sekitar enam bulan. Dalam pernyataan terbaru yang dirilis pada hari Rabu, Nintendo telah menyesuaikan jadwalnya. Saat ini di Jepang, layanan online 3DS dan Wii U dijadwalkan akan berakhir pada tanggal 9 April pukul 9 pagi, dan penutupan akan terjadi secara bersamaan, pukul 4 sore pada tanggal 8 April, di Amerika Utara.

Namun,  Bagi para pengguna  3DS fungsionalitas StreetPass akan tetap berlanjut bahkan setelah 8/9 April, karena beroperasi melalui koneksi lokal antara unit 3DS itu sendiri. Namun semua bentuk permainan Online Multiplayer lainnya, termasuk SpotPass, akan hilang.

Nintendo Menghentikan Layanan Online Nintendo 3DS dan Wii U
Nintendo Menghentikan Layanan Online Nintendo 3DS dan Wii U

Di era modern ini, perusahaan video games yang memangkas layanan online mereka datang dengan risiko permainan yang sudah tidak diterbitkan lagi atau tidak pernah ditawarkan sebagai rilisan fisik menjadi media yang hilang.  Pada Maret 2023, Nintendo mengakhiri dukungan untuk pembelian digital download 3DS dan Wii U melalui Nintendo eShop, jadi "kapal sudah berlayar" untuk mendapatkan permainan di console yang baru. Untungnya, bahkan setelah layanan online 3DS/Wii U berakhir bulan April ini, Nintendo mengatakan Kalian masih dapat mengunduh ulang permainan yang sudah Anda beli, serta pembaruan, "untuk masa mendatang."

Perlu dicatat juga bahwa pengumuman Nintendo termasuk peringatan bahwa "jika terjadi suatu peristiwa yang membuat sulit untuk melanjutkan layanan online untuk perangkat lunak Nintendo 3DS dan Wii U, kami mungkin harus menghentikan layanan lebih awal dari yang direncanakan." Jadi jika Kalian berharap untuk melakukan satu sesi online terakhir dengan beberapa teman lama dan permainan lama, waktu akan terus berjalan.

Kalian dapat melihat selengkapnya disini.