Share on

Aktris Jepang Suzu Hirose | Saat ini Virus Corona menjadi ancaman yang berbahaya bagi umat manusia di seluruh dunia, dengan berbagai macam informasi yang simpang siur baik yang benar maupun yang salah dan ini telah menyebabkan banyaknya kejadian yang berujung menjadi rasisme.

Advertise With Us

 
Aktris Jepang Suzu Hirose Diserang Komentar Rasis Virus Corona
Suzu Hirose

Pada tanggal 30 Januari kemarin, brand global terkenal, Louis Vuitton mengunggah postingan mereka di Instagram dengan memperkenalkan aktris Jepang Suzu Hirose yang ditunjuk sebagai brand ambassador baru dari Jepang pada saat pembukaan toko baru mereka di Midosuji Maison, Osaka.

Sosok Suzu Hirose yang dikenal tidak hanya sebagai pemeran dorama dan film live action, tetapi Hirose juga dikenal sebagai pengisi suara untuk beberapa film animasi. Pada tahun 2019 lalu Suzu Hirose menempati peringkat kedua setelah Kasumi Arimura sebagai "Entertainer yang memiliki pengaruh terbesar dibawah umur 30" menurut media Nikkei Style.

 
View this post on Instagram
 

#SuzuHirose at the opening of the #LVMidosuji Maison in Osaka. The new #LouisVuitton flagship opens on February 1st.

A post shared by Louis Vuitton Official (@louisvuitton) on

Ketika post tersebut muncul, banyak komen positif di akun instagram milik @Louisvuitton tersebut yang memuji penampilan Hirose serta memberikan selamat kepadanya, namun adapula yang memberikan komentar negatif serta rasis yang terkait dengan virus corona seperti contoh berikut (Saat ini komen-komen tersebut sudah dihapus):

  • "Ahhhh corona virus!!!!"
  • "Koronovirus [sic]?"
  • "Hati-hati tertular!"
  • "Coronavirus"

Untungnya, para moderator akun tersebut bertindak cepat dengan menghapus komentar negatif tersebut, begitu pula komen-komen negatif yang muncul berikutnnya. Namun bersamaan dengan itu, banyak pula yang membela Hirose seperti komentar dibawah ini:

  • "Saya orang Jepang, saya sangat sakit mendengar komentar-komentar tentang coronavirus."
  • "Suzu Hirose tidak dapat berbuat apa-apa dengan coronavirus."
  • "komentar rasis sangatlah kuno. Apakah kalian tidak malu??"
  • "Saya senang komen-komen rasis sudah dihapus. I love Suzu."

Dan terdapat juga salah satu komentar yang paling menarik dari seorang akun Jepang tentang hal tersebut:

  • "Jika kalian pikir kalian dapat mengungkapkan kata "Virus Corona" ketika berhadapan dengan orang China, kalian benar-benar salah. Saya orang Jepang dan bukan orang China tetapi saya ingin kalian (Termasuk orang Jepang) tahu bahwa bukan keinginan mereka (orang China) juga menginginkan virus corona. Jadi, tolong pikirkan perasaan orang lain sebelum mengeluarkan komentar-komentar yang menjijikkan."

Segala jenis rasisme dan diskriminasi seperti ini haruslah kita bantu atasi di dunia ini terlepas itu dalam bentuk bercanda ataupun tidak serta dimanapun kita berada hal yang mengandung rasisme merupakan bentuk tindakan yang tidak baik...setuju?

Peace! (^_^)v