Share on

Aktris Jepang Kirin Kiki telah meninggal dunia di kediamannya di Tokyo pada haru Sabtu, 15 September lalu, di usia 75 tahun. Kiki telah didiagnosis mengidap kanker payudara pada tahun 2014, dan pada 13 Agustus lalu sempat dirawat di rumah sakit dikarenakan retak pada tulang pahanya.

Advertise With Us

Kiki pertama kali mendapatkan peran tetap dalam seri televisi Shichinin no Mago pada tahun 1964. Ia memenangkan penghargaan Aktris Terbaik pada Japan Academy Prizes untuk perannya dalam serial tahun 2006 Tokyo Tower: Okan to Boku to Tokidoki Oton, dan film tahun 2001 Waga Haha ni Ki.

Di anime, Kiki memainkan tokoh Madame Noir di anime buatan tahun 1974 karya Gisburo Sugii, Jack to Mame no Ki di bawah nama kelahirannya, Chiho Yuki. Ia juga memerankan tokoh Yamanba dalam anime Taro the Dragon Boy, Onba di Brave Story, dan Haru di The Secret World of Arietty. Ia juga pernah berperan dalam berbagai film, serial televisi, dan iklan.

Kiki juga adalah penerima penghargaan The Order of the Rising Sun, Gold Rays with Rosette pad atahun 2008, juga enerima Arigato Award dari Tokyo International Film Festival pada 2015.

(Featured image: Wikipedia)