Berita Jepang | Japanesestation.com

Sutradara Jepang Hirokazu Kore-eda memenangkan penghargaan Palme d'Or di Cannes pada hari Sabtu lalu untuk filmnya yang berjudul Shoplifter, sebuah drama keluarga yang diakui secara kritis dengan alur cerita yang tidak dapat diprediksi. Film Jepang Shoplifter digambarkan sebagai pemenang yang mengejutkan dari Palme d'Or Festival Film Cannes.

Pada festival film Cannes ke-71, karya Kore-eda adalah salah satu dari 2 film yang disutradarai oleh sutradara Jepang yang bersaing untuk Palme d'Or. Film lainnya adalah "Asako I & II" yang disutradarai oleh Ryusuke Hamaguchi.

Ketua Juri Cannes Cate Blanchett mengatakan bahwa kemenangan film ini adalah keputusan yang sulit, tetapi ia percaya bahwa ini adalah pilihan yang tepat untuk Palme d'Or. "Kami benar-benar terpesona oleh film Shoplifter. Film ini menunjukan kolaborasi yang sempurna antara film dan sutradaranya," kata Blanchett.

Huawei MatePad Pro

Kore-eda telah bersaing 5 kali untuk penghargaan Palme d'Or. Pada tahun 2013, filmnya yang berjudul Like Father, Like Son memenangkan penghargaan juri. Untuk film ini yang berjudul Shoplifter menceritakan ikatan keluarga yang berkisah tentang keluarga Tokyo yang hidup dengan tunjangan pensiun dari salah satu anggotanya. Namun, mereka mengutil ketika mereka benar-benar sulit.

Film Jepang terakhir yang memenangkan kehormatan tertinggi di festival ini dimenangkan 21 tahun lalu, oleh sutradara Shohei Imamura merebut Palme d'Or pada tahun 1997 untuk filmnya The Eel.

Cannes adalah salah satu dari 3 festival film paling bergengsi di dunia, beserta dua lainnya adalah Berlin dan Venesia.

(featured image: Variety)