Share on

Apa kamu pernah bertanya-tanya, hal apa saja yang terjadi dalam kehidupan keluarga di Jepang? Jika pernah, mungkin kamu perlu menonton film Tokyo Story (1953). Film klasik ini bercerita tentang bagaimana kehidupan modern pascaperang memengaruhi keluarga-keluarga tradisional di Jepang. Film inilah yang kemudian dijadikan banyak sutradara Jepang sebagai patokan dalam menggambarkan drama keluarga dalam film-film mereka. Film Jepang tentang hubungan keluarga saat ini biasanya menceritakan perasaan, sejarah, dan masalah dalam keluarga tersebut. Muncul juga hal-hal yang selalu menjadi pertanyaan di negara yang sangat sibuk, seperti; apa itu cinta dalam keluarga? Bagaimana membentuk keluarga yang sesungguhnya? Bagaimana kurangnya ikatan keluarga dapat memengaruhi kehidupan dan masa depan seseorang? Berikut adalah 10 film Jepang yang menunjukkan rumitnya hubungan dalam keluarga masa kini di Jepang.

1.      Tokyo Sonata (2008)

Tokyo Sonata
Tokyo Sonata (imdb.com)

Tokyo Sonata membuka topeng keluarga kelas menengah di Jepang. Dalam keluarga Sasaki, setiap anggota keluarga memiliki rahasianya masing-masing. Sang ayah kehilangan pekerjaannya tetapi tidak memberi tahu keluarganya, anak sulungnya ingin bergabung dengan militer Amerika Serikat, anak bungsunya ingin mengikuti les piano. dan ibunya terus berusaha untuk menahan mereka.

2.      Rebirth (2011) (八日目の蝉)

Rebirth
Rebirth (asianwiki.com)

Erena diculik dari orangtua kandungnya saat masih bayi, ia kemudian menghabiskan waktu bertahun-tahun bersama penculiknya yang ternyata adalah mantan kekasih ayah kandungnya, dan menganggapnya ibu. Sampai akhirnya ia kembali ke orangtua kandungnya. Erena dewasa kemudian melakukan hal yang sama, mengambil seorang anak dari pria yang sudah menikah. Ia berjuang dengan konflik batin terhadap orangtua kandungnya dan penculik/ibu angkatnya. Film ini memenangkan 10 penghargaan dalam Japanese Academy Awards 2012.

3.      What A Wonderful Family! (2016) (家族はつらいよ)

What a wonderful family
What a wonderful family (hollywoodreporter.com)

Film drama keluarga ini lebih ringan daripada dua film sebelumnya. Setelah 50 tahun menikah, sang istri ingin menceraikan suaminya yang pemarah, dan keluarga mereka tidak tau bagaimana harus menanganinya. Pertemuan keluarga yang diadakan untuk membahas masalah ini justru berubah menjadi serangkaian cerita yang membuat penonton tertawa.

4.      Like Father, Like Son (2013) (そして父になる)

Like father like son
Like father like son (en.wikipedia.org)

Karena kecerobohan di rumah sakit, dua bayi tertukar saat lahir dan kemudian dibesarkan oleh dua keluaga yang berbeda dalam kelas sosial. Setelah bertahun-tahun akhirnya kecerobohan itu terbongkar, dan kedua keluarga tersebut harus memilih menjaga anak yang sudah mereka besarkan atau menukarnya kembali dengan anak kandung mereka. Film ini memenangkan beberapa penghargaan internasional, termasuk Hadiah Juri pada Cannes 2013.

5.      The Eight Year Engagement (2017) (8年越しの花嫁 奇跡の実話)

8 year engagement
8 year engagement (scmp.com)

Film yang satu ini diangkat dari kisah nyata. Hisashi (Takeru Sato) dan Mai (Tao Tsuchiya) adalah pasangan muda yang harus berhadapan dengan keadaan yang mengejutkan dan menyakitkan. Sebulan sebelum pernikahan mereka, Mai terserang penyakit serius yang membuatnya menjadi amnesia dan melupakan Hisashi. Di saat semua orang mulai kehilangan kepercayaan pada hubungan mereka, Hisashi terus memesan tempat pernikahan yang sama setiap tahunnya, dengan harapan bahwa suatu hari nanti dia akan berdiri disana bersama Mai. Film ini menjadi box office favorit dan dinominasikan untuk empat penghargaan di Japanese Academy Awards.