SHARE THIS ARTICLE

doraemon_wallpaper (2)

Perusahaan Walt Disney baru-baru ini memutuskan untuk menayangkan anime klasik Doraemon di televisi seluruh Amerika Serikat pada musim panas 2014 mendatang.

Dilansir dari Nikkei melalui Anime News Network (9/5/2014), saluran televisi anak-anak Disney XD sudah siap untuk menyiarkan anime ini di sekitar 78 juta keluarga sebanyak 26 episode selama lima minggu.

Diketahui, Disney XD sebelumnya pernah menayangkan anime Naruto Shippuden yang banyak menonjolkan adegan perkelahian. Khusus anime Doraemon, hal seperti itu tidak akan ada dan serialnya ditujukan untuk murid-murid SD kelas awal.

Proses penayangan ini terjadi setelah studio di Amerika menjalin kontrak dengan tiga perusahaan utama pemegang hak cipta Doraemon, yaitu TV Asahi, Fujiko F. Fujio Production, dan Shinei Animation milik TV Asahi.

Uniknya, versi ini akan mengganti beberapa nama karakter serta alat-alat milik Doraemon sesuai kultur Amerika. Contohnya adalah Nobita yang diganti menjadi Noby dan Gian yang menjadi Big G. Baling-baling bambu yang bernama asli Takecopter pun diganti menjadi Hopter.

doraemon_wallpaper (1)

Saat tayang di Amerika nanti, Doraemon mendapat pengawasan ketat untuk menghindari tayangan bersifat kekerasan, diskriminasi, dan juga muatan seksual. Diketahui, ini akan menjadi acara televisi pertama Doraemon di Amerika Serikat. Versi ini juga hendak ditayangkan di negara-negara lain yang menggunakan bahasa Inggris.

Doraemon pernah tayang di negara-negara Asia Tenggara termasuk Indonesia. Di sini, anime tersebut mengudara sejak 1988 di salah satu televisi swasta. Versi manga Doraemon pertama kali terbit di Jepang sejak 1973.

Duo Fujiko Fujio (Hiroshi Fujimoto dan Motoo Abiko) membuat Doraemon pada 1969. Dalam kisahnya, sang kucing robot Doraemon dikirim oleh anak laki-laki dari masa depan ke masa lalu untuk membantu kakeknya yang masih kecil bernama Nobita.

Doraemon, Nobita, serta anak-anak lain pun menangani masalah sehari-hari dan bahkan menjadi penyebabnya setelah alat-alat masa depan dari dalam kantong ajaib Doraemon dikeluarkan. Mereka lalu memulai petualangan antar ruang dan waktu.

Source : showbiz.liputan6.com
COMMENT